Berita Timor Tengah Utara

Sarjana Filsafat Agama Katolik Tak Diakomodir dalam Formasi PPPK TTU, Kinerja BKPSDM Dipertanyakan 

Hal ini merupakan buntut dari keputusan pihak Panitia Pelaksana Seleksi yang diduga tidak mengakomodir para lulusan Strata 1 Filsafat Agama Katolik

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Eflin Rote
SMKN 1 Kebumen
4 Kategori Penilaian Seleksi PPPK Guru 2022/ Para Peserta mengikuti Seleksi PPPK - 4 Kategori Penilaian pada Seleksi PPPK Guru 2022, Materi ujian lengkap dengan bobot penilaian 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Sejumlah calon peserta ujian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja / PPPK TTU lulusan Strata 1 Filsafat Agama Katolik mempertanyakan kinerja pihak Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia / BKPSDM Kabupaten Timor Tengah Utara , Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal ini merupakan buntut dari keputusan pihak Panitia Pelaksana Seleksi yang diduga tidak mengakomodir para lulusan Strata 1 Filsafat Agama Katolik dalam formasi kualifikasi perekrutan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja / PPPK TTU tahun 2022.

Saat diwawancarai, Rabu, 23 November 2022, seorang guru yang tidak mau disebutkan namanyamempertanyakan alasan mendasar para lulusan Strata 1 Filsafat Agama Katolik tidak diakomodir.

Menurut sumber tersebut, pihaknya telah mengabdikan diri sebagai guru pendidik dalam jangka waktu yang cukup lama meskipun dihargai dengan upah yang minim.

Ia menegaskan, formasi yang diajukan berdasarkan surat edaran yang diterima, sangat linear dengan pendidikan Filsafat Agama Katolik. Meskipun tidak diakomodir dalam kualifikasi formasi.

Ia mengakui bahwa, dirinya dan beberapa rekan lainnya telah terdaftar dalam tenaga pendidik non-ASN Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Hal yang sangat disesalkan, kata sumber tersebut, yakni sikap panitia seleksi yang acuh tak acuh terhadap pertanyaan para calon peserta ujian PPPK yang tidak lulus administrasi.

Ia mengakui bahwa dalam perekrutan tenaga honor kontrak daerah beberapa waktu lalu, lulusan Strata 1 Filsafat Agama Katolik diakomodir dalam kualifikasi formasi untuk mengampuh mata pelajaran Agama Katolik.

Baca juga: Audiens Bersama Pemkab TTU, PMKRI Cabang Kefamenanu Pertanyakan Seleksi Ulang Perangkat Desa Oekopa 

Tidak hanya itu. Dalam perekrutan CPNS beberapa waktu lalu, pemerintah pusat juga menyediakan kualifikasi formasi bagi lulusan Strata 1 Filsafat Agama Katolik.

"Kalau soal kualitas kita memberikan yang terbaik untuk pendidikan siswa-siswi. Itu jangan diragukan lagi," tukasnya.

Ia berharap pihak panitia seleksi bisa memberikan kesempatan kepada lulusan Strata 1 Filsafat Agama Katolik untuk mengikuti seleksi PPPK Kabupaten Timor Tengah Utara.

Masih berdasarkan sumber tersebut, pihaknya tidak akan menyampaikan sanggahan dan mempertanyakan kinerja pihak BKDPSDM TTU apabila diberikan jawaban dan alasan yang rasional.

Baca juga: Berkas Dilimpahkan ke JPU, Kasus Mantan Kades Fatutasu Kabupaten TTU Segera Disidang

Sementara itu Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Timor Tengah Utara, Arkadius Atitus saat dikonfirmasi POS-KUPANG.COM melalui pesan WhatsApp, meminta wartawan untuk menghubungi Kabid Pengembangan BKDPSDM TTU bernama Aris Santar dengan mengirimkan nomor handphone yang bersangkutan.

Meskipun demikian, saat dikonfirmasi mengenai hal ini kepada Kepala Bidang Pengembangan BKDPSDM TTU, Aris Santar kembali meminta wartawan  untuk meminta penjelasan Plt Kepala BKPSDM TTU dengan alasan bahwa, yang bersangkutan adalah Ketua Panitia PPPK Guru tahun 2022.

"Seharusnya om tanya di Pak Arka (Plt Kepala BKPSDM Kabupaten TTU), karena beliau sebagai ketua panitia seleksi PPPK guru 2022," ujarnya melalui pesan singkat WhatsApp kepada POS-KUPANG COM. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved