Berita Ende

Pengakuan Patrisia, Paulinus Domi Mantan Bupati Ende Cuci Darah Dua Kali Seminggu

tidak ada perubahan signifikan pada kondisi kesehatan Paulinus Domi. Malah sebaliknya, kondisi Paulinus Domi semakin memburuk

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-ISTIMEWA
MENINGGAL - Mantan Bupati Ende, Paulinus Domi meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) TC Hillers, Kota Maumere, Ibukota Kabupaten Sikka, Kamis 3 November 2022, sekira pukul 18:30 Wita. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Oris Goti

POSKUPANG.COM, MAUMERE - Mantan Bupati Ende, Paulinus Domi, sempat dirawat di RSUD Ende, Kabupaten Ende, sebelum akhirnya meninggal dunia di RSUD TC. Hillers Maumere, Kabupaten Sikka Kamis 3 November 2022 petang.

Paulinus Domi dirawat sepuluh hari di RUSD Ende lalu dirujuk ke RSUD TC. Hillers. Di RSUD TC. Hillers Maumere, Paulinus menjalani cuci darah dua kali seminggu selama kurang lebih empat bulan.

Hal ini diungkapkan oleh Patrisia, putri kandung Paulinus Domi di RSUD TC. Hillers Maumere, pasca Paulinus Domi, Bupati Ende dua periode itu, (1999 - 2009) dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Komit Berubah, Anggota Satreskrim Polres Ende Baca dan Tandatangan Pakta Integritas

Patrisia menguraikan, pada Juli 2022, lalu, Paulinus Domi masuk ke RSUD Ende.

Paulinus Domi didiagnosa mengalami gagal ginjal. "Kemudian bapa sempat dirawat di sana (RSUD Ende) kurang lebih sepuluh hari," ujar Patrisia.

Sepuluh hari dirawat di RSUD Ende, tidak ada perubahan signifikan pada kondisi kesehatan Paulinus Domi. Malah sebaliknya, kondisi Paulinus Domi semakin memburuk.

"Kemudian pada hari kesepuluh itu, dr. Aries, selaku dokter yang menangani bapak memutuskan bapa dirujuk ke rumah sakit TC. Hillers Maumere," ujar Patrisia seraya menambahkan keluarga menyetujui Paulinus Domi dirujuk ke Maumere.

Menurut Patrisia, dr. Aries memutuskan Paulinus Domi dirujuk ke Maumere karena kondisinya memburuk sehingga perlu dilakukan tindakan medis yakni cuci darah.

Baca juga: Setelah Sidang Isbat, 14 Pasangan Nikah di Ende Dapat Tiga Dokumen Kependudukan Sekaligus

"Saya bersama keluarga lalu bersepakat mengantar bapa ke Maumere, berangkat jam sepuluh malam. Tiba di sini (RSUD TC. Hillers Maumere) kurang lebih jam dua belas," kata Patrisia.

Namun, saat tiba di RSUD TC. Hillers Maumere, cuci darah belum bisa langsung dilakukan karena Paulinus Domi juga mengalami tekanan darah tinggi.

"Para dokter harus berusaha menurunkan tekanan darah Bapa dari 210 ke 120 sehingga keesokan harinya baru bisa cuci darah," ujarnya.

Menurut Patrisia, selama di RSUD TC Hillers, Paulinus Domi menjalani cuci darah dua kali seminggu. Proses cuci darah pun berjalan lancar.

Patrisia mengaku anak - anak dan keluarga serta para dokter sudah melakukan yang terbaik untuk kesembuhan Paulinus Domi.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved