Berita Nagekeo

Pantai Kota Jogo Ikut Lomba Desa Wisata Nusantara II, Kades Anakoli Minta Masyarakat Dukung

Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara Tahap II adalah kelanjutan dari lomba promosi Desa Wisata tahap pertama yang sudah diumumkan 10 pemenang

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Kades Anakoli, Yoseph Laka Rani foto di Pantai Kota Jogo yang kini sedang mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara tahap II.   

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, MBAY- Pantai Kota Jogo di Desa Anakoli , Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo kini telah mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II yang diselenggarakan oleh kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Ajang tersebut digelar untuk mendorong desa-desa wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) untuk tumbuh dan bangkit pasca pandemi covid-19 yang bertujuan untuk meningkatkan kembali kunjungan dan sekaligus mempercepat kemandirian desa melalui pengembangan industri wisata desa serta meningkatkan daya saing destinasi wisata.

Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara Tahap II adalah kelanjutan dari lomba promosi Desa Wisata tahap pertama yang sudah diumumkan 10 pemenang.

Dalam ajang Lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II, ada delapan kategori yang di perlombakan, yakni kategori Edukasi, Kuliner, Agrowisata, Religi, Pantai, Gunung, Sungai dan Budaya.

Kawasan Pantai Kota Jogo sendiri dikelola oleh Bumdes Pelita Jaya yang dibentuk oleh pemerintah Desa Anakoli. Kepala Desa Anakoli,Yoseph Laka Rani kepada Pos Kupang menyampaikan bahwa di Desa Anakoli memiliki potensi wisata  yang dapat memberi dampak ekonomi untuk masyarakat.

Baca juga: Lomba Desa Wisata Nusantara, Bupati Don Ajak Warga Dukung Kampung Adat Tutubhada 

Untuk itu, pemerintah desa melalui Bumdes Pelita Jaya mengikuti lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT sebagai ajang promosi destinasi wisata Pantai Kota Jogo.

"Jadi melalui Bumdes Pelita Jaya ini, kami mempromosikan destinasi wisata Pantai Kota Jogo dengan mengikuti ajang lomba desa wisata Nusantara tahap II," kata Yoseph Rabu 2 November 2022.

Selain itu, dengan dilakukan promosi secara terus menerus sehingga Pantai Kota Jogo dapat di kenal secara luas yang berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Ia berharap kepada pemerintah Kabupaten Nagekeo agar lebih serius untuk mendukung potensi wisata yang ada di Desa Anakoli sehingga bisa menjadi ikon wisata di wilayah Kabupaten Nagekeo.

"Saya juga berharap kepada seluruh masyarakat Nagekeo supaya memberi suport kepada destinasi wisata Pantai Kota Jogo sehingga bisa masuk dalam 10 besar dalam ajang desa wisata nusantara tahap II ini," harapnya.

Baca juga: DPRD Nagekeo Dukung Kampung Adat Tutubhada Dalam Lomba Desa Wisata Nusantara

Sementara itu, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Nagekeo, Vinsensius Pati Tukan memberikan apresiasi terhadap pemerintah Desa Anakoli yang sudah mengikutsertakan Pantai Kota Jogo dalam ajang tersebut.

Ia mengaku, semakin banyak desa wisata di wilayah kabupaten Nagekeo mengikuti lomba Desa Wisata maka akan semakin baik karena perlombaan tersebut sebagai ajang untuk dapat mempromosikan destinasi wisata secara gratis.

"Kita promosi desa wisata supaya dapat menarik wisatawan untuk datang ke kabupaten Nagekeo. Dengan ini juga orang-orang dari luar Nagekeo dapat mengenal destinasi wisata yang ada di Nagekeo, sehingga kita mendorong desa-desa yang mempunyai potensi wisata untuk mengikuti ajang lomba Desa Wisata Nusantara tahap II ini," ungkapnya.

Berikut dibawah ini cara untuk ikut mendukung Pantai Kota Jogo dalam ajang lomba desa wisata nusantara tahap II, pertama harus mendowload aplikasi Desa Wisata Nusantara di playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=desa_wisata_nusantara.go.desa_wisata_nusantara.

Setelah itu, daftar menggunakan akun google, Cari Provinsi Nusa Tenggara Timur lalu pilih wisata pantai, lalu pilih Pantai Kota Jogo, beri like pada gambar love pada kanan atas dan Jangan lupa beri ulasan pada kolom komentar. (tom)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved