Prakiraan Cuaca NTT

Cuaca NTT 1 November 2022, Curah Hujan Tinggi BMKG Imbau Manggarai Timur, TTS, Malaka Waspada Banjir

Prakiraan Cuaca NTT hari ini Selasa 1 November 2022, curah hujan tinggi BMKG imbau Manggarai Timur, TTS, Malaka Waspada Banjir

Editor: Adiana Ahmad
Nusadua
Cuaca NTT Hari ini 1 November 2022/ Ilustrasi hujan intensitas tinggi - Cuaca NTT 1 November 2022, curah hujan tinggi di Manggarai Timur, TTS dan Malaka, BMKG: Waspada banjir. 

POS-KUPANG.COM -  Berdasarkan Prakiraan Cuaca NTT hari ini Rabu 1 November 2022 yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ),  sebagian Wilayah NTT mulai alami cuara hujan tinggi. Daerah tersebut yakni Manggarai Timur, Timor Tengah Selatan ( TTS ) dan Malaka.

Karena itu, BMKG menghimbau warga di tiga daerah itu untuk waspada terhadap banjir dan tanah longsor.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG Rahmattulloh Adji di Kupang, Senin 31 Oktober 2022, mengatakan, sebagian wilayah yang tersebar di tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami curah hujan kategori tinggi (151-300 mili meter).

"Curah hujan tinggi dialami sebagian kecil wilayah di Kabupaten Manggarai Timur, Timor Tengah Selatan dan Malaka," kata Rahmattulloh Adji. 

Baca juga: Cuaca Maritim Besok, BMKG: Gelombang Tinggi Masih Mengancam Sejumlah Wilayah Laut di NTT, Bali, NTB

Dijelaskan Rahmattulloh Adji, berdasarkan hasil pemantauan, pada umumnya wilayah NTT mengalami curah hujan dengan kategori rendah (0-50 mili meter).

Sebagian kecil wilayah mengalami curah hujan kategori menengah (51-150 mili meter) serta curah hujan kategori tinggi di sebagian kecil wilayah yang tersebar di tiga kabupaten.

Hasil pemantauan hari tanpa hujan pada Dasarian III Oktober di NTT pada umumnya mengalami hari hujan dan hari tanpa hujan dengan kategori rendah (1-5 hari).

Kondisi hujan menengah hingga tinggi ini perlu diwaspadai masyarakat karena dapat memunculkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor.

Baca juga: Cuaca Hari Ini 1 November 2022, BMKG: NTT, Bali, NTB, Jatim Terancam Hujan Petir, Jakarta Cerah

Lebih lanjut Rahmattulloh Adji menjelaskan berdasarkan prakiraan deterministik curah hujan pada Dasarian I November 2022, wilayah NTT diprakirakan pada umumnya akan mengalami curah hujan rendah.

Curah hujan menengah diprakirakan terjadi di sebagai besar Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, dan sebagian kecil Ende, Sikka, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Kupang.

Rahmattulloh mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap memasuki musim hujan di NTT untuk meminimalkan risiko kerugian akibat bencana alam. (*/ant)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved