Berita Manggarai Barat

Forum Dialog B20 di Labuan Bajo Dorong Peran Perdagangan Investasi dalam Pertumbuhan Ekonomi

Forum dialog tersebut dihadiri 152 anggota dari 25 negara anggota B20-G20 dan 15 industri yang berbeda

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
FORUM DIALOG B20 - Foto bersama Ketua B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani, Chair of B20 Trade and Investment Task Force, Arif Rachmat, Ketua Kadin NTT Bobby Lianto, bersama para delegasi dari luar negeri dalam Forum dialog B20 Trade & Investment Task Force yang digelar di Hotel Merourah Labuan Bajo Manggarai Barat. Jumat 23 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Forum Dialog B20 Trade & Investment Task Force yang digelar di Labuan Bajo Manggarai Barat, NTT dorong penguatan perdagangan dan investasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi serta pembangunan global. 

Forum Dialog B20 tersebut dihadiri 152 anggota dari 25 negara anggota B20-G20 dan 15 industri yang berbeda, sepertiganya pemimpinnya merupakan pemimpin perempuan, dengan keragaman pandangan yang disampaikan. 

Kegiatan Forum Dialog B20 digelar secara hybrid ini berpusat di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Jumat 23 September 2022. 

Ketua B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, tujuan utama dalam dialog ini adalah mempersiapkan usulan kebijakan yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan pembangunan global. 

Adapun tiga topik utama yang dibahas dalam forum dialog B20 diantaranya membahas tentang global health architecture (arsitektur kesehatan global), transformasi digital, dan transisi energi. 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sejak Desember 2021, Indonesia telah resmi memegang Presidency G20 pada 2022.

Baca juga: Telkomsel Unjuk Kapabilitas Dukung Potensi Ekosistem Industry 4.0 Indonesia Rangkaian G20 TIIWG ke-3

Pemerintah Indonesia memiliki tiga isu prioritas yakni kesehatan global, transformasi ekonomi digital, dan transisi energi. 

"Ini adalah suatu proses yang sangat demokratis dalam mempersiapkan usulan kebijakan kepada pemerintah, " kata Shinta di Labuan Bajo

Ia menambahkan, dalam forum dialog B20 selain membahas tiga isu tersebut pihaknya juga mempersiapkan beberapa program warisan, hal ini menjadi pembeda dari dialog B20 pada tahun sebelumnya. 

Baca juga: Kementerian Kominfo Siap Layani Jurnalis KTT G20

"Tujuannya supaya ada suatu hasil yang kongkret dan juga didukung oleh banyak perusahaan anggota dari B20 dan langsung bisa dijalankan dan terus berlanjut pada presidensi berikutnya, " ujarnya. 

Sementara, Chair of B20 Trade and Investment Task Force, Arif Rachmat mengatakan pihaknya telah memberikan Policy Recommendation atau rekomendasi kebijakan dalam forum G20-B20 yang telah digelar sebelumnya. 

Dalam forum tersebut pihaknya menyampaikan beberapa rekomendasi diantaranya isu tentang perdagangan yang lebih terbuka transparan dan berkeadilan. 

Baca juga: Dikunjungi Menteri METI Jepang, Airlangga Bahas Kerja sama Perdagangan, Investasi, IPEF dan KTT G20

Berikutnya, bagaimana memanfaatkan digitalisasi dan berinovasi dalam rangka pemulihan ekonomi dunia dan mencegah krisis global seperti yang sedang dialami seluruh dunia dampak dari  pandemi covid-19.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved