Timor Leste

Timor Leste, Uskup Agung Pena Parra dari Vatikan Bicara tentang Persaudaraan Manusia di Dili

Pengganti Sekretariat Negara Vatikan, Uskup Agung Pena Parra, mengunjungi Timor Leste dan meresmikan nunsiatur baru di ibu kota Dili.

Editor: Agustinus Sape
VATICANNEWS.VA
DI DILI - Pengganti Sekretariat Negara Vatikan, Uskup Agung Pena Parra, mengisi buku tamu saat mengunjungi Timor Leste dan meresmikan nunsiatur baru di ibu kota Dili, Selasa 20 September 2022. Dia berada di Timor Leste sampai 23 September 2022. 

POS-KUPANG.COM, DILI - Pengganti Sekretariat Negara Vatikan, Uskup Agung Pena Parra, mengunjungi Timor Leste dan meresmikan nunsiatur baru di ibu kota Dili.

Dia juga berbicara di Universitas Katolik Timor Leste setempat tentang pentingnya Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama, yang ditandatangani Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Ahmad al-Tayyib di Abu Dhabi pada 2019.

Berbicara kepada perwakilan pemerintah Timor Leste, pejabat tinggi dan tamu pada peresmian nunsiatur baru, Uskup Agung Pena Parra mengatakan, "Adalah harapan Paus Fransiskus bahwa nunsiatur Apostolik yang baru ini akan berfungsi sebagai tanda nyata lain dari perhatian dan kepedulian yang selalu ditunjukkan para Paus untuk orang-orang di negara pulau yang mulia ini."

Uskup Agung Pena Parra, Pengganti Urusan Umum Sekretariat Negara Takhta Suci, melakukan perjalanan ke Timor Leste untuk kesempatan ini, dan mengunjungi para pemimpin bangsa dan perwakilan masyarakat.

Dia dengan hangat menyambut semua orang yang menghadiri peresmian misi diplomatik kepausan yang baru Selasa 20 September 2022 di ibu kota Dili.

Di antara mereka adalah Presiden Ramos Horta, penerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1996.

Timor Leste, 500 tahun iman Katolik

Nunsiatur baru, sebuah bangunan yang benar-benar hijau "sesuai dengan ajaran Paus Fransiskus dalam Ensikliknya Laudato Si'," jelas Uskup Agung Pena Parra, mencerminkan "harmoni arsitektur yang diinginkan" sebagai tanda hubungan yang sangat baik antara Takhta Suci dan Republik Demokratik Timor Leste.

Baca juga: Timor Leste, Ramos Horta Terima Uskup Agung Edgar Pena Parra, Resmikan Pusat Persaudaraan Manusia

Pelantikan yang "berlangsung pada tahun yang menandai ulang tahun kedua puluh kemerdekaan negara dan pembentukan hubungan diplomatik," juga membuktikan kemajuan besar yang dicapai sejauh ini antara kedua Negara, berkat implementasi perjanjian 2015 tentang "berbagai aspek kehidupan dan pelayanan Gereja Katolik di negara itu," di mana iman Katolik "telah menjadi sumber kekuatan dan penghiburan bagi orang-orang selama masa baik dan buruk selama lebih dari lima ratus tahun."

Dokumen Persaudaraan Manusia, panduan bagi kaum muda

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved