Timor Leste

Timor Leste, Ramos Horta Terima Uskup Agung Edgar Pena Parra, Resmikan Pusat Persaudaraan Manusia

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta menerima kunjungan Uskup Agung Mgr Edgar Pena Parra di Dili, Senin 19 September 2022.

Editor: Agustinus Sape
Tatoli.tl
UCT DILI - Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta (kanan) dan Pengganti Urusan Umum Sekretariat Negara Takhta Suci Vatikan Uskup Agung Mgr. Edgar Pena Parra saat berada di Universitas Katolik Timor Leste (UCT) Dili, Senin 19 September 2022. Keduanya datang untuk memberikan ceramah tentang Dokumen Persaudaraan Manusia, yang akan mulai diberlakukan di Timor Leste. 

POS-KUPANG.COM, DILI - Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta menerima kunjungan Uskup Agung Mgr Edgar Pena Parra, Pengganti Urusan Umum Sekretariat Negara Takhta Suci Vatikan, di Dili, Senin 19 September 2022.

Presiden Ramos Horta menerima kunjungan tersebut bertepatan dengan peresmian "Pusat Persaudaraan Manusia Timor Leste untuk Perdamaian Dunia", sebuah lembaga milik Timor Leste yang akan secara khusus mengkaji penerapan Dokumen Persaudaraan Manusia ( The Document on Human Fraternity) di negara tersebut.

Dokumen tersebut ditandatangani Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Ahmad al-Tayyib di Abu Dhabi pada tahun 2019 dan akan diperkenalkan dalam kurikulum sekolah umum semua tingkatan di Timor Leste.

 

“Negara kecil kami di Timor Leste adalah yang pertama di dunia yang memasukkan Dokumen Persaudaraan Manusia ke dalam ketertiban umum dan pendidikan. Kami senang. Dengan kunjungan Mgr. Edgar Peña Parra, telah menjadi resmi bahwa Dokumen tersebut akan diterbitkan, diperkenalkan dan dipelajari di lembaga-lembaga pendidikan di seluruh negeri, mengakui jasa, nilai-nilai, dan perspektif persaudaraan yang berharga”, tegas Pastor Bento Barros Pereira Fides, Direktur Nasional Lembaga Misi Kepausan di Timor Leste.

Seperti yang telah dipelajari Fides, selama kunjungan Edgar Peña Parra, gedung baru Nunsiatur Apostolik akan diresmikan, dalam sebuah upacara yang akan berlangsung pada 22 September 2022, dan pertemuan kelembagaan dengan komunitas lokal direncanakan.

Baca juga: Paus Fransiskus Bakal Kunjungi Timor Leste, Kata Kardinal Baru

Mgr. Edar Peña Parra berada di Timor Leste sampai dengan tanggal 23 September 2022 untuk berbagai kegiatan dan pertemuan.

Kemarin, Senin 19 September 2022, seusai pertemuan dengan Presiden Republik Timor Leste, Jose Ramos Horta, Mgr. Edgar Peña Parra menghadiri peresmian "Pusat Persaudaraan Manusia Timor Leste untuk Perdamaian Dunia", terinspirasi oleh Dokumen Persaudaraan Manusia yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Ahmad al-Tayyib di Abu Dhabi, pada tahun 2019.

Ini adalah Pusat Studi yang akan terus memperdalam isi Dokumen Abu Dhabi, menerapkannya khususnya di benua Asia.

Hari itu dilanjutkan dengan partisipasi dalam konferensi tentang persaudaraan manusia di Universitas Katolik Timor Timur di mana Uskup Agung Peña Parra memberikan pidato utama.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved