Berita Nasional

Raja Emas Papua Tak Berkutik Saat Diterbangkan ke Jakarta, Kini Nasibnya di Ujung Tanduk

Nasib Eltinus Omaleng, Bupati Mimika yang biasa disapa sebagai Raja Emas dari Papua, kini berada di ujung tanduk. Kini ia mengenakan rompi orange.

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
RAJA EMAS - Bupati Mimika yang biasa disapa Eltinus Omaleng kini mengenakan rompi orange lantaran telah ditahan KPK dalam kasus penyimpangan dana pembangunan gereja di Mimika Papua. 

POS-KUPANG,COM - Nasib Eltinus Omaleng, Bupati Mimika yang biasa disapa sebagai Raja Emas dari Papua, kini berada di ujung tanduk.

Eltinus Omaleng dibawa paksa ke Jakarta pada Kamis 8 September 2022 pagi dengan keadaan tangan terborgol dan dalam pengawalan ketat aparat brimob bersenjata lengkap.

Eltinus Omaleng ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) dalam kasus dugaan penyelewengan dana pembangunan Gereja King Mile 32 senilai Rp 250 miliar lebih.

Tatkala tiba di Gedung Merah Putih, Eltinus terlihat mengenakan rompi orange. Meski tangannya terborgol, ia menenteng goodie bag berwarna putih.

Baca juga: IRONIS! Dipanggil KPK, Anies Baswedan Malah Senang: Saya Senang Bantu KPK Sejak Masih di Kampus

Ia tak menjawab sejumlah pertanyaan wartawan. Ia hanya diam dan terus melangkah masuk ke gedung KPK.

Sekadar diketahui, sejak dijemput KPK pada Rabu 7 September 2022, hingga kini belum diumumkan status raja emas tersebut.

Sementara Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, Eltinus Omaleng dijemput paksa, karena tidak bersikap kooperatif.

detik-detik raja emas dibawa ke jakarta
DIBAWA KE JAKARTA -- Detik-detik saat Raja Emas Papua dibawa paksa ke Jakarta dengan menggunakan penerbangan komersial, Kamis 8 September 2022 pagi.

“Bupati Mimika telah dibawa dari Jayapura ke Gedung Merah Putih KPK,” kata Ali dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Kamis 8 September 2022.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron juga mengatakan, setelah ditangkap, penyidik mengamankan Eltinus di Mapolda Papua.

Sementara pada akhir Juli 2022 lalu, Eltinus menggugat KPK atas penetapan dirinya sebagai tersangka kasus penyimpangan dana pembangunan gereja. Namun, gugatan ke PN Jakarta selatan itu kandas.

Selama ini KPK mengusut dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Mimika. Proyek itu didanai APBD Kabupaten Mimika.

Berdasarkan laporan Tribunnews.com, gedung gereja itu telah menghabiskan Rp 250 miliar. Pengalokasian dananya bertahap sejak 2015, 2016, 2019, dan 2021.

Pada tahun 2022 ini, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng kembali menganggarkan Rp 50 miliar untuk pembangunan gereja tersebut.

Baca juga: Di Ujung Kekuasaannya, Anies Baswedan Dipanggil KPK, Benarkan Terjerat Formula E? Simak Ini

Diterbangkan ke Jakarta

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved