Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Sabtu 27 Agustus 2022, Beriman dan Pasrah dalam Doa

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RD. Eman Kiik Mau dengan judul Beriman dan Pasrah dalam Doa.

Editor: Agustinus Sape
FOTO PRIBADI
RENUNGAN - RD. Eman Kiik Mau menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Sabtu 27 Agustus 2022 dengan judul Beriman dan Pasrah dalam Doa. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RD. Eman Kiik Mau dengan judul Beriman dan Pasrah dalam Doa.

RD. Eman Kiik Mau menulis Renungan Harian Katolik dengan merujuk bacaan Injil Matius 25:14-30, Peringatan Santa Monika.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan teks lengkap bacaan Sabtu 27 Agustus 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil

Hari ini Gereja memperingati Santa Monika. Ia lahir tahun 331 dari keluarga Kristen di Tagaste Afrika Utara. Ketika berusia 20 tahun, ia menikah dengan Patrisius, seorang pemuda kafir yang mudah naik darah dan sering mabuk.

Berhadapan dengan itu, Monika tetap sabar dan lembut hati. Doa dan kesabaran Monika membuat suaminya bertobat menjadi Kristen.

Di antara anak-anaknya, Agustinus-lah yang paling mencemaskan hatinya. Monika pun selalu menyertai anaknya ke mana pun ia pergi.

Jalan terang mulai terlihat ketika Monika berkenalan dengan Uskup Ambrosius, yang kemudian membawa putranya Agustinus ke jalan pertobatan.

Beberapa hari setelah pertobatan putranya, Monika pun jatuh sakit. Kepada anaknya Agustinus, ia berkata, "Anakku yang terkasih. Satu-satunya yang kukehendaki ialah agar engkau selalu mengenangkan daku di altar Tuhan." Ia pun akhirnya meninggal dunia di Ostia, Roma.

Hidup Santa Monika sungguh memberikan teladan bagi para ibu. Kesulitan di rumah, kecemasan karena anak-anak, kesusahan setiap hari dihadapinya dengan satu sikap yakni penyerahan diri kepada Tuhan lewat doa.

Monika menghadapi setiap masalahnya dengan berani, menimba kekuatan lewat doa dan tetap percaya akan penyertaan Kristus yang tak akan meninggalkan umat-Nya.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Jumat 26 Agustus 2022, Salib dan Minyak yang Cukup

Santa Monika, dalam kesetiaannya beriman dan berpasrah dalam doa telah memperoleh pertolongan dan rahmat Allah dalam diri orang-orang yang dicintainya. Tangis dan air mata yang mengalir dalam doa memulihkan hidup dan kebahagiaan atas pertobatan Santo Agustinus.

Inilah kesetiaan beriman. Allah dengan pelbagai cara memberikan kebaikan dan anugerah dalam hidup yang seringkali tak mampu kita pahami dari logika dan kaca mata manusia.

Zaman now, kekudusan dipandang sebagai sesuatu yang aneh oleh dunia. Kekudusan dianggap sebagai hal yang kuno, sehingga hal-hal yang cemar seakan 'benar dan wajar' untuk dilakukan, terutama karena dipengaruhi kemerosotan moral dan pergeseran nilai-nilai dunia saat ini. Hal itu mempengaruhi banyak orang, hingga lebih memilih ikut arus dunia dibandingkan jalan Tuhan.

Dalam Injil Matius hari ini, Yesus menyampaikan perumpamaan tentang talenta. Talenta merujuk pada uang yang jumlahnya besar. Satu talenta setara dengan enam ribu dinar, padahal upah satu hari untuk seorang pekerja biasa hanya satu dinar saja.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved