HUT RI ke 77

48 Narapidana di Lapas Ba'a Rote Ndao Terima Remisi

Narapidana yang menerima Remisi Umum dengan besaran remisi masing-masing 1 bulan sampai dengan 5 bulan.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-HUMAS LAPAS KELAS III BA'A
REMISI - Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menyerahkan Surat Keputusan (SK) Remisi Umum kepada salah seorang narapidana, usai Upacara peringatan HUT ke-77 RI, di Kantor Bupati, Rabu, 17 Agustus 202 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, BA'A - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Ba'a sebagai UPT Pemasyarakatan di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur yang dipimpin oleh Marciana D Jone, menggelar Pemberian Remisi Umum Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 kepada Narapidana. Rabu, 17 Agustus 2022.

Adapun pelaksanaan Pemberian Remisi Umum pada Lapas Kelas III Ba'a, pada pukul 08.00 WITA, Utusan Pejabat Kepala Subseksi Admisi dan Orientasi, Guspry Huma Kota bersama Staf dan 2 Orang Perwakilan Narapidana juga turut mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Rote Ndao bertempat di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Rote Ndao.

Pada kesempatan tersebut Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu menyerahkan secara simbolis SK Remisi Umum kepada 2 Orang Perwakilan Narapidana Lapas Kelas III Ba'a.

Baca juga: Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu Lepas Ribuan Pasukan Karnaval HUT RI ke-77

Kepala Lapas Kelas III Ba'a, Daniel Saekoko didampingi para pejabat melaksanakan penyerahan secara langsung Remisi Umum kepada Narapidana pada pukul 10.00 WITA, bertempat di Aula Lapas Kelas III Ba'a dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: PAS-1264,1268.PK.05.04 Tahun 2022 tanggal 02-05-2022 tentang Pemberian Remisi Umum (RU) Tahun 2022 Kepada Narapidana dan Anak Pidana, sebanyak 48 (Empat Puluh Delapan) Narapidana yang menerima Remisi Umum dengan besaran remisi masing-masing 1 bulan sampai dengan 5 bulan.

Dalam amanat Kalapas Daniel, yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly, mengatakan bahwa Kemerdekaan Indonesia merupakan nikmat dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Wajib kita syukuri oleh segenap rakyat Indonesia termasuk warga binaan pemasyarakatan. Sebagai bentuk syukur, pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (Remisi) bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan serta memenuhi syarat substantif dan administratif sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan," kata Kalapas Daniel.

"Saya ucapkan selamat atas remisi tahun ini bagi seluruh WBP. Tunjukan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegaiatan program pembinaan di masa yang akan datang dan kepada WBP yang mendapat remisi dan sekaligus memperoleh kebebasan, saya ucapkan selamat merajut tali persaudaraan di tengah keluarga dan kebersamaan di lingkungan masyarakat," sambungnya.

Baca juga: Jaga Perairan Perbatasan, Kepala SPKKL Lakukan Courtesy Call ke Bupati Rote Ndao

Kalapas Daniel juga menerangkan, bertepatan dengan peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Pemerintah memberikan Remisi kepada 168.916 Narapidana terdiri dari Remisi Umum I (Pengurangan Sebagian) sebanyak 166.191 orang dan Remisi Umum II dimana setelah mendapat remisi ini dinyatakan langsung bebas sebanyak 2.725 orang.

Lebih lanjut, dikatakan Kalapas Daniel, perlu syukur dan bahagia karena telah disahkannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dimana diharapkan proses Pemasyarakatan dapat dilaksanakan secara optimal.

Di akhir sambutan dirinya memberi pesan kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk menjadikan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 sebagai momentum untuk lebih berkinerja, mempercepat pelayanan, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta menghindari perbuatan yang dapat merusak nama baik Institusi Pemasyarakatan dan Kementerian Hukum dan HAM.

Sebagai informasi, isi Penghuni Lapas Kelas III Baa, per tanggal 17 Agustus 2022 yaitu, Tahanan 13 orang,  Narapidana 73 orang, sehingga totalnya ada 86 orang.

Data Pemberian Remisi Umum Tahun 2022 Narapidana Lapas Kelas III sebanyak 48 orang sesuai SK Menteri Hukum dan HAM RI, Nomor : PAS-1264,

1268.PK.05.04 Tahun 2022 tanggal 17 Agustus 2022 dengan rincian besaran perolehan remisi sebagai berikut,

Satu (1) Bulan berjumlah 6 orang, 2 Bulan berjumlah 7 orang, 3 Bulan ada 18 orang, 4 Bulan ada 11 orang, 5 Bulan terdiri dari 6 orang dan totalnya ada 48 orang.

Untuk diketahui bersama, data perolehan remisi umum Tahun 2022 sesuai yang diusulkan Lapas Kelas III Ba'a yaitu sebanyak 48 orang Narapidana. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved