Berita Kota Kupang

Evaluasi Program Smart City, Pemkot Kupang Minta Dukungan Masyarakat

namun pelaksanaannya belum maksimal, dan butuh dukungan semua masyarakat agar mewujudkan Kota,  Kupang Smart City

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/CHRISTIN MALEHERE
EVALUASI - Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Wawali, Hermanus Man, Staf Khusus Bidang Politik dan Komunikasi Kemenkominfo, Philips Gobang, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Kupang, Remly KT Kusumo, dan Kadis Kominfo, Andre Otta dalam kegiatan Evaluasi Program Smart City di Hotel Aston Kupang, Kamis 18 Agustus 2022.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore mengutarakan dalam masa kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota, Hermanus Man telah melaksanakan program Kupang Smart City.

"Kota Kupang masuk dalam 100 kota di dunia yang mengikuti program smart city untuk mewujudkan sistem pelayanan publik dalam berbagai bidang, namun pelaksanaannya belum maksimal, dan butuh dukungan semua masyarakat agar mewujudkan Kota,  Kupang Smart City," demikian penyampaiannya saat program Evaluasi Program Smart City di Hotel Aston Kupang, Kamis 18 Agustus 2022.

Jefri menilai awal menjabat sebagai Wali Kota Kupang, dia memiliki harapan besar dan optimis Program Smart City dapat terwujud, namun terkendala SDM yang kurang mendukung sehingga pihaknya melakukan pembenahan dalam bidang pelayanan publik.

Baca juga: Banyak Perusahaan di Kota Kupang Tidak Berkontribusi Bagi Pembangunan

"Selama lima tahun berjalan, program Smart City telah menunjukkan progres pencapaian yang cukup baik meski belum maksimal, sehingga kami tetap bekerja keras hingga akhir masa jabatan dengan harapan semua yang kami cita-citakan dapat terwujud," pungkasnya.

Kepala Dinas Kominfo, Wildrian Ronald Otta menjelaskan berdasarkan Rencana Induk Perwali Nomor 49 Tahun 2019 memuat enam pilar Smart City antara lain Smart Governance, Branding, Economy, Living, Environment, dan Society.

Smart Governance meliputi tiga aplikasi layanan pengaduan antara lain Dana PEM, BKS, Layanan Pengaduan.
Sedangkan empat aplikasi untuk layanan untuk bisnis seperti perizinan, penyedia jasa, dan layanan perizinan. 

Empat aplikasi untuk pelayanan birokrasi berupa surat menyurat, PDN pada 20 APK dari 12 OPD, SPID Keuangan daerah dari 44 OPD, SAPK bagi Kepegawaian.

Penerapan tujuh aplikasi digital seperti E-Absensi (absen), E-Anjab (analisis jabatan),  E-Kinerja (Kinerja ASN), E-Sign (Tandatangan elektronik), E-Sakip (Akuntabilitas Kinerja), SiHebat (Hemat BBM), Simpeg (Managemen pegawai.

Baca juga: Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore Pesan Pemkot Kupang Permudah Investor 

"Aplikasi SiHebat (SPBU) tercatat dari 43 OPD penerima dengan total 1008 Kendaraan dan alat berat dari Alokasi Rp 8 Miliar terjadi efisiensi anggaran (Januari-Juli 2022) sebesar 9,75 persen. Bahkan Kota Kupang juga mendapatkan Penghargaan Peringkat IV BKN Awards Pemerintah Kota Besar Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian," ungkap Otta.

Capaian lainnya Literasi digital bagi 6.000 pelaku usaha, Standar ISO 9001.2015 Sistem Manajemen Baku pada OPD berupa Dispendukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas P dan K, PTSP, RSUD SK Lerik, dan BKPPD.

Pemkot Kupang juga meraih tiga kali Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi NTT terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kupang Tahun 2020, Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2020 dengan Capaian Opini WTP, dan LHP BPK Terhadap LKPD Kota Kupang Tahun 2021.

Kota Kupang juga mendapat penilaian mandiri penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis Elektronik Tahun 2022 dari KemenPAN-RB dengan Indeks nilai 2.784.

Terkait Smart Branding, Pemkot Kupang telah memiliki 11 Penataan Taman Kota, ,tiga kawasan kota, empat gerbang kota, HAKI Motif Sepe, API Awards Sei dan Ina Ndao.

Baca juga: Demam Citayam Fashion Week Menular di Kota Kupang, 28 Remaja Ikut Catwalk Kupang Fashion Week

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved