Berita Nasional

Lolos dari Lubang Jarum, Kini Bharada E Sudah Bisa Tertawa, Kondisinya Lebih Baik dari Sebelumnya

Kondisi terkini Bharada E alias Richard Eliezer Pudihang Lumiu, tersangka pelaku penembakan Brigadir J, kini semakin baik, lebih baik dari sebelumnya

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
MEMBAIK - Kondisi Bharada E, tersangka pembunuhan Brigadir J, kini semakin membaik. Ia sudah bisa tersenyum walau mendekam di balik jeruji besi. Kini Bharada E dalam lindungan LPSK. 

POS-KUPANG.COM - Kondisi terkini Bharada E alias Richard Eliezer Pudihang Lumiu, tersangka pelaku penembakan Brigadir J, kini semakin membaik.

Kondisi Mantan anak buah Irjen Ferdy Sambo tersebut kian pulih setelah ia dinyatakan lolos dari lubang jarum, luput dari tuduhan sebagai pelaku utama pembunuhan Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat.

Mulanya Bharada E dituding sebagai pelaku utama penembakan Brigadir J. Sebab Bharada E adalah oknum yang diduga menembak mati Brigadir J yang adalah temannya sendiri.

Ternyata faktanya, Bharada E menembak Brigadir J, lantaran ia diperintah untuk menembak. Sementara yang memberi perintah adalah atasannya, yakni Irjen Ferdy Sambo.

Baca juga: Irjen Ferdy Sambo Janjikan Bharada E Rp 1 Miliar, Ricky Rizal dan Kuat Maruf Rp 500 Juta

Atas keterangan itulah, Timsus Mabes Polri akhirnya menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai pelaku utama dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Pasca pengakuan Bharada E itu, nasibnya pun lantas berubah bak telur ujung tanduk. Sebab pengakuannya itu bisa berdampak sangat fatal terhadap keselamatannya.

Untuk mengantisipasi pelbagai hal yang tak diinginkan, Bharada E pun meminta perlindungan kepada LPSK ( Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban ).

Bak gayung bersambut, permintaan Bharada E itu dikabulkan. Apalagi dalam suratnya ke LPSK, Bharada E menyatakan siap menjadi justice collaborator untuk kasus pembunuhan Bharada E.

Kepada awak media, LPSK menyatakan bahwa telah mengabulkan permohonan justice collaborator yang diajukan Bharada E.

BHARADA E - Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) berjalan memasuki ruangan saat tiba di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Kedatangan Bharada E tersebut untuk dimintai keterangan terkait insiden baku tembak dengan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J yang terjadi pada Jumat (8/7) lalu di rumah dinas Kepala Divisi Propam Polri nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo.
BHARADA E - Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) berjalan memasuki ruangan saat tiba di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Kedatangan Bharada E tersebut untuk dimintai keterangan terkait insiden baku tembak dengan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J yang terjadi pada Jumat (8/7) lalu di rumah dinas Kepala Divisi Propam Polri nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Untuk diketahui, dalam kasus pembunuhan yang diotaki mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo tersebut kepolisian sudah menetapkan empat tersangka.

Empat tersangka itu antara lain, Irjen Ferdy Sambo, Asisten Rumah Tangga (ART) Irjen Ferdy Sambo, Kuat Maruf (KM), Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, dan Bripka Ricky Rizal alias Bripka RR.

Dalam kasus pembunuhan di Rumah Dinas Kadiv Propam yang ditempati Irjen Ferdy Sambo, itu, keempat tersangka pelaku dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 tentang pembunuhan berencana.

Bharada E sebagai tersangka dan saksi kunci pembunuhan tersebut kini mendapat perlindungan penuh dari LPSK setelah permohonannya menjadi Justice Collaborator dikabulkan.

Baca juga: Rekaman CCTV di Rumah Ferdy Sambo Kini Viral, Ada Momen Indah Kebersamaan Brigadir J & Bharada E

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan dengan keputusan pihaknya mengabulkan justice collaborator dalam kasus pembunuhan Brigadir J, kini perlindungan darurat untuk Bharada E.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved