Ganjar Pranowo

HUT Ke-72 Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Kaget Etnis dari Sabang Sampai Merauke Ikut Merayakan 

Ganjar Pranowo menyebut ulang tahun Jawa Tengah kali ini merupakan ulang tahun yang sangat berwarna.

Editor: Agustinus Sape
Instagram/Ganjar Pranowo
HUT JATENG - Provinsi Jawa Tengah merayakan HUT ke-72, Senin 15 Agustus 2022. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memimpin upacara peringatan yang diikuti berbagai etnis dari Sabang sampai Merauke. 

POS-KUPANG.COM  - Provinsi Jawa Tengah merayakan HUT ke-72, Senin 15 Agustus 2022, hari ini. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan kekagetannya karena ternyata hari puncak perayaan tidak hanya dihadiri Pemerintah Daerah dan masyarakat Jawa Tengah sendiri, melainkan masyarakat berbagai etnis dari Sabang sampai Merauke.

"Bahkan ada juga yg dari Timor Leste. Bener-bener gayeng. Apalagi bisa nyicipi makanan khas daerah yang dibawa. Maturnuwun sedulur2. I love you... Sehat dan sukses selalu," tulis Ganjar Pranowo di akun Instagramnya yang sudah terverifikasi, Senin 15 Agustus 2022.

Karena itu, dia menyebut ulang tahun Jawa Tengah kali ini merupakan ulang tahun yang sangat berwarna.

"Dengan baju adat masing-masing membawa serta makanan khas untuk ikut merayakan hari jadi ke-72 Pemprov Jateng. Inilah wujud pembauran dan persatuan yang nyata. Dari Jawa Tengah untuk Indonesia," tulis Ganjar Pranowo di postingan lainnya.

Ganjar Pranowo mengatakan,  72 tahun Jawa Tengah berdiri, di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Satu persatu pekerjaan rumah dikerjakan. Infrastruktur, perekonomian, pembangunan SDM sampai sosial budaya jadi pondasi yang disiapkan untuk menggapai kemakmuran.

"Tapi kerja belum tuntas, masih banyak yang mesti diselesaikan. Ayo Sedulur2ku kabeh, Gumregah Bareng Gayeng agar siapapun yang menginjak tanah dan diguyur air Jawa Tengah jadi seneng," tulis Ganjar Pranowo.

Perayaan HUT ke-72 Jawa Tengah tampak beda. Beragam acara hiburan untuk menyemarakkannya pun disajikan, salah satunya seperti pertunjukkan seni tradisional jaranan dan gending Jawa bertema "Gamelan Kolosan" yang digelar Minggu 14 Agustus 2022, di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Kota Semarang.

Sejarah Jawa Tengah

Pada hari puncak pun terlihat masyarakat melaksanakan upacara dengan mengenakan kostum dari berbagai etnis di seluruh Indonesia.

Mereka melakukan karnaval untuk menunjukkan kekhasan masing-masing yang sangat beranekaragam.

Bertepatan dengan HUT ke-72 Provinsi Jateng, sepatutnya masyarakat melihat kembali sejarah berdirinya provinsi ini.

Baca juga: Simpatisan Ganjar Pranowo di NTT Tetap Optimis Ganjar Presiden 2024

Dikutip dari situs resmi Provinsi Jawa Tengah, dikisahkan pada abad ke-7, terdapat pemerintahan kerajaan yang berdiri di Jawa bagian tengah, yaitu Kerajaan Budha Kalingga, Jepara, yang diperintah oleh Ratu Sima pada tahun 674.

Menurut naskah atau prasasti Canggah tahun 732, kerajaan Hindu lahir di Medang Kamulan, Jawa Tengah dengan nama Raja Sanjaya atau Rakai Mataram.

Di bawah pemerintahan Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya, ia membangun Candi Rorojonggrang atau Candi Prambanan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved