Unwira

Aman Calistung Jadi Program Rutin Mahasiswa KKN Desa Tunfeu, Nekamese

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan dalam kegiatan KKN tahun ini dan sasarannya adalah anak-anak sekolah dasar (SD)

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO
KKNT-PPM - Kegiatan rutin mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat ( KKNT-PPM ) kelompok 09 Universitas Widya Mandira Kupang di Desa Tunfeu, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang 

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Program Aman Calistung (Membaca, Menulis dan Menghitung) menjadi kegiatan rutin mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat ( KKNT-PPM ) kelompok 09 Universitas Widya Mandira Kupang di Desa Tunfeu Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan dalam kegiatan KKN tahun ini dan sasarannya adalah anak-anak sekolah dasar (SD).

Bertempat di rumah Kepala Desa Tunfeu Marthinus Leli tanggal 16 Juli 2022, peserta tampak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini berlangsung setiap sore mulai pukul 15.00 WITA sampai selesai dan rutin dilaksanakan selama dua minggu proses KKN berjalan.

Baca juga: Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Lakukan Pemetaan Potensi Desa di Desa Mata Air

"Kegiatan mengajari anak-anak Calistung merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dasar anak agar mereka lebih tanggap  dan aktif dalam berfikir. Kegiatan Calistung juga menjadi program rutin kelompoknya selama melakukan KKN di desa Tunfeu. Di samping mengisi waktu liburan, kegiatan Calistung membuat pola fikir anak lebih kreatif dan aktif,” ujar Ni Komang salah satu mahasiswa peserta KKN di Desa Tunfeu.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat posisif karena memberi dampak langsung kepada anak gampong saat nanti mereka kembali ke sekolah masing-masing pasca liburan semester. 

Kegiatan Calistung di saat liburan sekolah akan memotivasi anak untuk terus belajar, sehingga mereka tidak lupa dengan pembelajaran yang sudah didapatkannya di sekolah.

Budaya Calistung sudah semestinya digerakkan sejak dini agar anak-anak mampu menyelesaikan masalah di kelas.

Baca juga: Peserta KKNT-PPM Unwira Kupang Gelar Gebyar Aman Calistung di Kupang Barat

Dengan kegiatan ini, diharapkan anak- anak terlatih dan terbiasa membaca, menulis, dan menghitung sebagai ilmu dasar dalam menempuh pendidikan di sekolah.(*/Yonathan Koro Hama)

Ikuti berita Pos-Kupang.com di NEWS GOOGLE

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved