Unwira

Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang Lakukan Pemetaan Potensi Desa di Desa Mata Air

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Abdi Laboratus.

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-UNWIRA
DESA MATA AIR - Peserta KKNT-PPM Unwira Kupang saat menyambangi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Abdi Laboratus di Desa Mata Air. Peserta KKN foto bersama Pemilik PS4 Yohanes Lalang di lahan P4S Abdi Laboratus 

POS-KUPANG.COM- Kelompok mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang di Desa Mata Air Kecamatan Kupang Tengah, melakukan kegiatan pemetaan potensi desa dengan mengunjungi beberapa tempat di Desa Mata Air.

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Abdi Laboratus.

Pemilik PS4 Abdi Laboratus Yohanes Lalang begitu antusias menerima kedatangan kelompok mahasiswa KKNT-PPM  ini ke tempatnya.

”Terima kasih sudah berkunjung ketempat ini,sehingga kita bisa berbagi pengetahuan.pintu kami selalu terbuka untuk menerima kehadiran adik-adik dan siapa saja yang mau berkunjung ketempat kami ,” kata Yohanes Lalang.

Untuk diketahui bersama, kelompok KKNT-PPM Unwira Kupang telah hadir di Desa Mata Air sejak 14 Juli 2022.

Kelompok ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Adrianus Ketmoen S.E.M.M dan diterima secara langsung oleh Kepala Desa Mata Air Benyamin Kanuk.

Kelompok ini melakukan KKNT-PPM  di Desa Mata air selama satu bulan dengan mengusung program- program kerja antara lain: pendataan BUMDes, program Aman Calistung dan survei stunting.

Selain itu kelompok ini juga menggerakkan warga untuk memanfaatkan halaman rumah dengan menanam 25 jenis bibit sayuran,sebagai langkah awal pencegahan stunting dan gizi buruk.

”Kami juga membagikan bubuk abate ke rumah- rumah warga sebagai salah satu langkah pencegahan demam berdarah,” kata Ando salah satu anggota kelompok ini.

“Basong datang terus sa tiap hari ko ajar ni anak-anak, kalo katong yang ajar dong sonde dengar, ma deng basong ni dong pung semangat lai,” kata Yuan salah satu anggota kelompok KKNT desa Mata air menirukan kata-kata seorang ibu yang begitu antusias menyaksikan berjalannya program amancalistung di halaman rumahnya.

Hal ini diungkapkan Yuan ketika ditanyai bagaimana tanggapan warga terhadap program-program yang dijalankan kelompoknya.

”Besar harapan kami, semoga kegiatan KKNT-PPM  ini memberikan hasil yang positif kepada seluruh warga Desa Mata Air," kata Suster Elvis,ASP selaku Ketua Kelompok KKNT-PPM ini.(*)

Ikuti terus berita Pos-Kupang.com di NEWS GOOGLE

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved