Berita TTU Hari Ini

Ini Jumlah Ternak yang Dikirim Keluar Kabupaten TTU Tahun 2022

kuota pengiriman ternak akan diberikan kesempatan oleh Pemerintah Provinsi untuk mengajukan kuota tambahan.

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/DIONISIUS REBON
SEKDIS - Sekretaris Dinas Peternakan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Trimeldus Tonbesi, S. Pt., M. Sc 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Kepala Dinas Peternakan TTU, Fransiskus Fay melalui Sekretaris Dinas Peternakan, Trimeldus Tonbesi, S. Pt., M. Sc menerangkan, Pemprov NTT memberikan kuota pengiriman  hewan ternak ke luar daerah untuk Kabupaten TTU sebanyak 10.080 ekor pada tahun 2022. 

Jumlah tersebut, merupakan akumulasi dari 10.000 ekor Sapi, 50 ekor kuda dan 30 ekor Kerbau

Bertepatan dengan momentum jelang perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2022, kuota pengiriman hewan ternak sapi, kuda dan kerbau dari Kabupaten TTU keluar daerah telah dituntaskan.

Baca juga: Bupati TTU Ancam Berhentikan Para Kepala Dinas

"Menjelang perayaan Idul Kurban, 10.080 ekor itu sudah selesai kuota kita karena sudah dipakai habis oleh para pengusaha pengirim ternak dari luar pulau," ucapnya saat ditemui POS-KUPANG.COM, Jumat, 8 Juli 2022.

Sementara tahun 2021 lalu Kabupaten TTU juga diberi kuota sebanyak 10.000-an ekor ternak.

Terkait dengan hal tersebut di atas, Trimeldus mengakui bahwa, biasanya Dinas Peternakan yang sudah menyelesaikan kuota pengiriman ternak akan diberikan kesempatan oleh Pemerintah Provinsi untuk mengajukan kuota tambahan.

Lebih lanjut ia menuturkan, populasi ternak sapi di Kabupaten TTU sebanyak 137.661 ekor dengan struktur populasi jantan pedet 10,54 % atau sebanyak 14.509 ekor, betina pedet 12, 40 % atau sebanyak 17. 069 ekor.

Sedangkan, populasi ternak sapi jantan muda 9, 04 % atau 12. 444 ekor,  betina muda 15, 70 % atau 21. 612 ekor , jantan dewasa 10, 23 % atau 14. 082 ekor dan betina dewasa 42, 08 % atau 57. 927 ekor.

Baca juga: Bupati TTU Ancam Berhentikan Para Kepala Dinas

Secara khusus untuk Kabupaten TTU, potensi ternak sapi yang dapat dikirim ke luar daerah tanpa mengganggu populasi ternak sapi sebanyak 21, 4 7 % atau 29. 555 ekor .

Menurutnya, potensi yang sangat besar ini bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan para paternak sapi di Kabupaten TTU

Trimeldus menambahkan, perihal pendampingan terhadap para peternak sapi, pihaknya menempatkan petugas kepala resort peternakan di setiap kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten TTU yang bertugas mendampingi peternak serta aktivitas peternakan di lapangan. 

Selain itu kepala resort peternakan yang ditempatkan di setiap kecamatan ini juga ditugaskan untuk melakukan pengendalian dan pencegahan terhadap penyakit hewan dengan melaksanakan vaksinasi terhadap ternak. (*)

Berita TTU lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved