Timor Leste

Tujuh TKW Dubai Segera Tiba di Timor Leste, Mereka Sudah Ada di Jakarta Indonesia

Tujuh tenaga kerja wanita ( TKW) Timor Leste yang mengalami perlakuan tidak manusiawi di Dubai Uni Emirat Arab akan segera tiba di Dili.

Editor: Agustinus Sape
Tatoli/Francisco Sony
TKW PULANG - Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Timor Leste, Juliao da Silva sedang memberikan keterangan pers di Dili, Senin 4 Juli 2022. Dalam keterangannya , Juliao da Silva mengabarkan bahwa tujuh TKW Timor Leste di Dubai sudah tiba di Jakarta dan akan segera tiba di Timor Leste. 

POS-KUPANG.COM, DILI - Tujuh tenaga kerja wanita ( TKW) Timor Leste yang mengalami perlakuan tidak manusiawi di Dubai Uni Emirat Arab akan segera tiba di Dili. Saat ini mereka sudah tiba di Kedubes Timor Leste Jakarta Indonesia.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Timor Leste Juliao da Silva kepada wartawan usai bertemu Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Pemerintah Dili, Senin 4 Juli 2022.

Menlu Juliao da Silva mengatakan pemerintah akan mengurus tiket pulang tujuh TKW yang saat ini tinggal di Kedutaan Besar Timor Leste di Jakarta.

“Para pekerja ini telah meninggalkan Dubai dan saat ini tinggal di kedutaan kami di Jakarta. Jadi, tiket pulang untuk sesama pekerja ini akan menelan biaya lebih dari US$10.000,” kata Silva.

Tujuh pekerja asal Timor Leste yang berinisial BS, ECdR, L, P, M, A, dan A berangkat dari Timor Leste menuju Dubai pada 19 Mei 2022.

Sejak tiba di Dubai, mereka bekerja setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 dan mendapatkan hanya 200 Dirham yang setara dengan US$54/ bulan

Mereka berangkat ke Dubai tanpa menandatangani kontrak kerja dan mengalami perlakuan tidak manusiawi yang dilakukan oleh perusahaan tempat mereka bekerja selama beberapa bulan.

Silva mengatakan para pekerja Timor Leste ini akan tiba di Timor Leste dalam minggu ini.

“Kementerian Luar Negeri akan bekerja sama dengan kementerian lain untuk mencari solusi bagi orang-orang Timor Leste yang saat ini terdampar di Portugal dan negara-negara lain,” tambahnya.

Baca juga: Ramos Horta Tetap Ingat Orang Timor Leste yang Tinggal di Timor Barat 

Ketika ditanya tentang berapa banyak orang Timor Leste yang saat ini terdampar di luar negeri, Silva mengatakan diplomat Timor Leste akan mencari tahu para pekerja migran Timor Leste dan keberadaan mereka.

Silva berterima kasih kepada Polisi Kriminal dan Investigasi Timor Leste (PCIC) dan Organisasi Polisi Kriminal Internasional (INTERPOL) atas upaya dan kerjasama mereka untuk membawa para pekerja ini kembali ke Timor Leste.

Dia mengatakan penyelidikan atas kasus pengiriman pekerja ke luar negeri sedang berlangsung.

"Kami telah menerima informasi tentang Agen Perekrutan yang mengirim pekerja ini ke luar negeri, tetapi berbicara tentang penyelidikan adalah tugas Penuntut Umum," kata Silva.

“Berdasarkan informasi yang kami terima sejauh ini, para pekerja Timor ini direkrut dan dikirim oleh satu-satunya Agensi di Timor-Leste,” tambahnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved