Berita Sumba Timur Hari Ini

Kantor Badan Pendapatan Daerah Sumba Timur Nyaris Terbakar, Pegawai Berhamburan Saat Apel Kesadaran

kejadian tersebut tidak menimbulkan korban dan kerusakan berarti. Demikian pula seluruh dokumen kantor bisa diselamatkan. 

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kepala Bapenda, Oria A. Raramata menunjuk lokasi loteng di ruang umum yang disebut menjadi titik sumber api yang nyaris membakar kantor tersebut pada Senin 30 Mei 2022 pagi.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, RYAN Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumba Timur nyaris terbakar pada Senin 30 Mei 2022 pagi. 

Kantor pemerintah yang terletak di jalan Soeharto nomor 42 tepatnya di Kompleks Kantor Bupati Sumba Timur itu sudah penuh dengan kepulan asap hitam ketika disadari oleh salah satu pegawai yang saat itu sedang mengikuti apel kesadaran. 

Sontak, hal itu membuat para pegawai yang mengikuti Apel kesadaran di halaman Kantor Bupati Sumba Timur, tidak jauh dari kantor Bapenda itu pun panik dan berhamburan ke lokasi. 

Baca juga: Ini Jadwal Kunjungan Kerja Jokowi di Bajawa dan Ende

Salah satu pegawai yang berdinas di kantor itu langsung menonaktifkan meteran listrik ketika tiba di lokasi. 

Para pegawai lainnya yang tiba di kantor itu langsung berupaya untuk menyelamatkan berbagai dokumen dan fasilitas yang terdapat di dalam kantor itu.

Mereka menembus tebalnya kabut asap untuk mengeluarkan berbagai dokumen yang bisa diselamatkan. 

Kepala Bapenda, Oria A. Raramata mengatakan, kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh salah satu stafnya ketika apel.

Ia mengaku, kepulan asap hitam itu bersumber dari hubungan pendel kabel listrik di atas loteng ruang umum dalam kantor itu. 

Baca juga: Sambut Bulan Imunisasi Nasional, Dinkes TTU Fokus Berikan Pelayanan di Sekolah dan Posyandu

"Kejadian tadi sekitar jam tujuh saat berlangsung apel. Untung saja meteran segera dimatikan dan tidak menimbulkan api yang lebih besar," ujar Oria saat dikonfirmasi POS-KUPANG.COM.

Ia mengaku, instalasi dan kabel kabel tersebut merupakan instalasi dan kabel lama yang belum pernah diinstal ulang atau diperbaiki. 

Menurut Oria, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban dan kerusakan berarti. Demikian pula seluruh dokumen kantor bisa diselamatkan. 

"Pelayanan agak terganggu, tapi kita dan staf upayakan untuk melakukan penahanan hingga selesai hari ini. Sementara kita pindahkan ruang Kadis ke kantor sebelah," ujar Oria yang saat itu didampingi Kabid P3, Yancer Wulang. 

Baca juga: Ruth Laiskodat dan Cosmas Lana Digeser Jabatannya

Oria mengaku, gedung kantor tersebut merupakan gedung lama yang belum pernah mendapat sentuhan perbaikan atau renovasi. sebelumnya gedung kantor itu digunakan oleh Dinas Kominfo Sumba Timur. 

"Ini jadi harapan kita semoga ke depan gedung lebih representatif karena pelayanan kita berkaitan dengan keuangan daerah," ujar dia.

Sementara itu, informasi lain yang berkembang di seputaran kantor Bupati Sumba Timur menyebut titik api atau sumber api bermula dari terbakarnya dispenser di ruang umum. (*) 

Berita Sumba Timur Hari Ini

Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved