Tips Sehat

Lima Ciri dan Gejala Awal Penyakit Kanker yang Perlu Diwaspadai

Sebagaimana dilansir Eat This, Not That! inilah lima ciri-ciri dan gejala awal kanker yang sebaiknya diwaspadai.

Editor: Eflin Rote
SHUTTERSTOCK
Sariawan. Sariawan yang tidak kunjung sembuh bisa jadi gejala penyakit Kanker Mulut. 

POS-KUPANG.COM - Setiap orang berisiko terkena penyakit kanker. Namun, risiko terkena penyakit kanker ada yang rendah dan tinggi, tergantung gaya hidup, kondisi lingkungan, dll. Mari mengenali ciri-ciri kita berisiko tinggi terkena penyakit kanker.

Penyakit kanker tidak selalu ditandai dengan gejala yang khas. Sebagian besar kanker baru menunjukkan ciri-ciri dan gejala di saat sel-sel kanker sudah menyebar ke organ lain, atau memasuki stadium lanjut.

Sebagaimana dilansir Eat This, Not That! inilah lima ciri-ciri dan gejala awal kanker yang sebaiknya diwaspadai.

1. Perubahan dalam fungsi tubuh

Ciri-ciri dan gejala pertama yang bisa menjadi tanda risiko tinggi kanker adalah perubahan dalam fungsi tubuh. Anne Marie Lennon, ahli gastroenterologi di Johns Hopkins Medicine mengingatkan kita untuk memerhatikan setiap perubahan dalam fungsi tubuh.

Baca juga: Waspada Penyakit GERD, Inilah 6 Gejala Umum yang Terjadi

Perubahan itu bisa termasuk sembelit atau diare mendadak, kesulitan buang air kecil atau buang air besar, atau merasa belum buang air secara tuntas. Apabila kondisi seperti ini terjadi lebih dari beberapa minggu, Lennon menyarankan agar kita memeriksakan diri ke dokter.

2. Pendarahan

Ciri-ciri dan gejala kedua yang bisa menjadi tanda risiko tinggi kanker adalah terjadinya pendarahan. "Dokter menganggap jenis pendarahan tertentu lebih mengindikasikan kanker daripada yang lain," ujar Lennon. Pendarahan pada tinja, urin, organ intim, atau batuk yang mengeluarkan darah dapat disebabkan oleh kondisi lain di luar kanker. Kendati demikian, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter jika mengalami salah satu dari gejala yang sudah disebutkan.

Baca juga: 5 Area Yang Umumnya Terjadi Saraf Terjepit dan Gejala Penyakitnya

3. Batuk atau sesak napas yang berlanjut

Ciri-ciri dan gejala ketiga yang bisa menjadi tanda risiko tinggi kanker adalah batuk dan sesak napas yang berlanjut. Dalam kebanyakan kasus, batuk terus-menerus adalah pertanda pilek atau virus. Tetapi, batuk yang berlangsung lebih dari beberapa minggu bisa menandakan kanker paru-paru. Jika kita mengalami batuk lebih dari dua hingga empat minggu, atau sesak napas yang berlanjut, segera kunjungi dokter untuk diperiksa.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved