Lebaran 2022

Rayakan Lebaran di Rutan Bareskrim, Rizieq Shihab Bagi-bagi Baju Koko

Eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu juga disebut membimbing sejumlah tahanan menjadi mualaf.

Editor: Alfons Nedabang
TRIBUNNEWS.COM/IGMAN IBRAHIM
Muhammad Rizieq Shihab (MRS) usai menjalani sidang vonis perkara kerumunan Petamburan bersama Lima Mantan Petinggi FPI di ruang sidang utama PN Jakarta Timur, Kamis 27 Mei 2021. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq Shihab merayakan hari raya Idul Fitri 2022 dari balik Rutan Bareskrim Polri. Lantas, apa aktivitas Rizieq saat berlebaran di dalam penjara?

Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar menyebut bahwa Habib Rizieq membagikan baju koko kepada non muslim dan memberikan sejumlah santunan lain.

"Alhamdulillah habib bagikan ke seluruh tahanan termasuk non muslim baju koko putih dan santunan lain. Untuk muslim ditambah peci dan sarung serta parfum untuk salat," kata Aziz saat dikonfirmasi, Rabu 4 Mei.

Aziz menuturkan bahwa Rizieq Shihab juga makan ketupat hingga opor ayam bersama penghuni tahanan lain. Berlebaran di Rutan Bareskrim disebut telah dilaksanakan dengan berbahagia.

"Kemudian makan bersama para penghuni rutan selepas salat dengan ketupat dan opor ayam dan lain-lain. Habib memastikan seluruh penghuni rutan bahagia dan senang di hari Ied ini," ungkap Aziz.

Baca juga: Kondisi Terkini Habib Rizieq di Rutan Bareskrim Polri, Gencar Ibadah Sempat Singgung Vonis Munarman

Lebih lanjut, Aziz menuturkan bahwa Habib Rizieq juga membuka sesi curhat sesama tahanan untuk mengisi kegiatan selama lebaran. Kliennya bakal mendengar keluhan para tahanan.

"Habib juga selama ini terbuka kepada seluruh tahanan untuk ruang diskusi dan curhat atas apapun masalah para penghuni termasuk masalah pribadi. Alhamdulillah beliau membuat para tahanan senang dan bahagia selalu usaha untuk itu," ujarnya.

Eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu juga disebut membimbing sejumlah tahanan menjadi mualaf. "Ada juga sepertinya (Rizieq bimbing tahanan menjadi mualaf)," kata Aziz.

Aziz menuturkan bahwa Habib Rizieq memang aktif berdakwah selama mendekam di Rutan Bareskrim Polri. Bisa jadi hal itu menjadi salah satu alasan banyaknya tahanan yang memutuskan menjadi mualaf.

"Beliau isi hari dakwah dan menulis dan membaca. Dakwah beliau pagi kajian selepas subuh juga ada pelajaran dan pelatihan khutbah dan baca Alquran serta fikih," ungkap dia.

Baca juga: Hari Ini Munarman Divonis Penjara, Orang Dekat Habib Rizieq Shihab Ini Diyakini Bagian dari Teroris

Tak hanya itu, ia menuturkan Rizieq juga kerap membuat lomba hafalan Alquran kepada para tahanan. Nantinya, kliennya akan memberikan hadiah kepada penghafal terbaik.

"Ada testnya juga hafalan termasuk jika bagus dan lulus dapat hadiah dari habib. Ada juga tausiyah tiap abis solat wajib. Ada beliau tulis beberapa buku: Baru jadi satu sisanya ada beberapa masih proses," jelas dia.

Lebih lanjut, Aziz menuturkan bahwa Habib Rizieq juga suka mendengarkan curhat sesama tahanan. Kliennya bakal mendengar keluhan apapun yang dirasakan para tahanan.

"Ada juga sesi untuk para tahanan curhat masalah apapun, sehingga rutan jadi sangat kondusif dan fungsi rumah tahanan jadi benar benar terasa sebagai tempat untuk menggembleng masyarakat supaya bisa kembali lebih baik di masyarakat nanti," kata Aziz.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved