Berita NTT Hari Ini

Puncak Arus Balik Kapal Laut Kupang-Rote, Rote-Kupang, Diprediksi ASDP Padat di Akhir Pekan Ini

PT Angkatan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia (ASDP) Pantai Baru, Rote Ndao memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 akan terjadi mulai tan

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/GIOVANI TETI
Arus balik mudik lebaran Rote Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, ROTE NDAO - PT Angkatan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia (ASDP) Pantai Baru, Rote Ndao memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 akan terjadi mulai tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022.

Demikian hal ini disampaikan Kepala Supervisor ASDP Pantai Baru, Gabriel Da Silva, saat ditemui POS-KUPANG.COM, di ruang kerjanya. Rabu, 04 Mei 2022.

"Jelang akhir liburan Lebaran, penumpang masih tetap padat, dan kita prediksi di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 akan terjadi peningkatan arus balik yang luar biasa, mengingat waktu liburannya di hari-hari terakhir. Baik itu arus balik dari Kupang ke Rote maupun dari Rote ke Kupang," jelas Gabriel.

Menurutnya, peningkatan arus balik, baik kendaraan maupun penumpang, dari Kupang ke Rote, maupun Rote ke Kupang, diperkirakan peningkatan itu naik menjadi 35% sampai 40% dan itu terjadi mulai H-2 sebelum Lebaran, yakni di hari Jumat, 29 April 2022, khususnya untuk kendaraan roda dua, roda empat dan penumpang.

"Sebelum arus mudik ini, sehari-harinya, Kapal yang melakukan penyeberangan, dari Kupang 2 kapal dan dari Rote 2 kapal. Mengingat Hari Raya Idul Fitri, dan banyak orang yang berlibur, jadinya ditambah 1 kapal, sehingga 3 kapal yang jalan. Dua kapal dari ASDP, satu dari KMP Garda Maritim," ungkap Gabriel.

Ia juga menerangkan, di tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19, maka tahun ini untuk arus mudik lebaran sendiri yang jelas terjadi peningkatan. Dibandingkan dengan tahun lalu dengan Lebaran tahun ini, dikatakan Gabriel, peningkatannya 100%. Tapi untuk hari H-nya saat ini, dengan hari-hari biasa, peningkatan kendaraan dan penumpang sekitar 35%.

"Kami selalu menghimbau untuk setiap penumpang yang di dalam kapal dan di luar kapal, agar taat protokol kesehatan. Pakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Untuk sarana prasarananya, sudah kami siapkan, seperti tempat penampungan air untuk cuci tangan dan sebagainya," tutupnya. (Cr.10)

Arus balik mudik lebaran Rote Kupang
Arus balik mudik lebaran Rote Kupang (POS-KUPANG.COM/GIOVANI TETI)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved