Berita Nagekeo Hari Ini

Serahkan SK Pengangkatan Guru PPPK, Ini Pesan Bupati Nagekeo

SK tersebut menyebutkan bahwa masa perjanjian kerja bagi para guru PPPK mulai berlaku dari tanggal 1 Februari 2022

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
POSE BERSAMA - Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do saat foto bersama dengan para guru PPPK di Aula Setda Nagekeo, Rabu 6 April 2022  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, MBAY - Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Guru Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kegiatan penyerahan dan penandatanganan perjanjian kinerja PPPK guru tahap 1 formasi tahun 202 dilaksanakan di Aula Setda Nagekeo, Rabu 6 April 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Sekretaris Daerah Kabupaten Nagekeo Drs. Lukas Mere, Asisten Administrasi Umum Agustinus Fernandes, SE, Kadis Pemuda dan Olahraga Kristoforus Aja, SH serta para pejabat administrator.

Baca juga: Kejari Manggarai Gelar Jaksa Masuk Sekolah di SMPN 3 Langke Rembong

Terpantau, sebelum dilakukan penandatangan perjanjian kinerja diawali dengan pembacaan surat keputusan oleh Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Nagekeo, Shita Krisna Wijayanti, SS.

Dalam SK tersebut menyebutkan bahwa masa perjanjian kerja bagi para guru PPPK mulai berlaku dari tanggal 1 Februari 2022 sampai dengan 31 Januari 2027.

Penyerahan SK tersebut dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 5 tahun 2015 tentang ASN, Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang gaji dan tunjangan PPPK, dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 18 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Badan Kepegawaian Negara No 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PPPK.

Baca juga: Jamin Keamanan Pengerjaan Waduk Lambo, Polres Nagekeo Gelar Upacara Rutin di Titik Nol

Sedikitnya, 53 orang guru PPPK yang menerima SK pengangkatan dari Bupati Don. Jumlah tersebut terdiri dari guru TK Paud sebanyak 10 orang, guru SD 9 orang, guru SMP 34 orang.

Sedangkan 1 orang guru PPPK yang telah dinyatakan lulus tahap satu belum mendapat SK karena belum mendapatkan Persetujuan Teknis (pertek) penetapan Nomor Induk PPPK.

Berdasarkan data bahwa, penetapan kebutuhan ASN pada tahun anggaran 2021 di Kabupaten Nagekeo dari Menpan-RB sebanyak 270 formasi dan yang terisi hanya sebanyak 119 dengan rincian tahap 1 sebanyak 54 orang dan tahap 2 sebanyak 65 orang.

Baca juga: Kerjakan Sholat 5 Waktu Termasuk Shalat Magrib, Simak Doa Selepas Salat Berikut Ini

Untuk guru PPPK yang lulusan tahap 2 sebanyak 65 orang masih menunggu penetapan persetujuan teknis nomor induk PPPK dari Badan Kepegawaian Negara Regional X Denpasar.

Setelah menerima SK tersebut, maka selanjutnya BK-Diklat akan menyelenggarakan orientasi bagi PPPK yang  nantinya akan dibagi menjadi dua bagian, pengenalan tugas dan fungsi ASN yang menjadi tanggungjawab LAN sebagai instansi pembina diklat, dan pengenalan nilai dan etika pada Instansi pemerintah yang menjadi tanggung jawab instansi PPPK.

Dalam sambutannya, Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengatakan bahwa, perlu disadari bahwa kegiatan penyerahan SK ini merupakan bagian dari restu Tuhan  terhadap panggilan profesi guru.

Baca juga: Pemerintah Kecamatan LAUT Matim Panen Raya Sorgum di Kebun Contoh

"Itu artinya Tuhan memberikan talenta yang ada kepada saudara dan saudara pantas menerima tugas sebagai guru baik sebagai guru PAUD, SD maupun SMP," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved