Berita Pemprov NTT

Profil Kombes Don da Costa, Mantan Kepala Humas Kepolisian PBB yang Kini Jadi Atase Polri di Dili

Profil Kombes Don da Costa, Mantan Kepala Humas Kepolisian PBB yang Kini Jadi Atase Polri di KBRI Dili

Penulis: Eflin Rote | Editor: Eflin Rote
ISTIMEWA NET
Kombes Don Gaspar Mikel da Costa, S.H, Dipl. Tr atau Don da Costa 

POS-KUPANG.COM - Sosok Kombes Pol Don Gaspar Mikel da Costa, S.H., Dipl.Tr. atau yang akrab disapa Don da Costa kini menempati posisi baru sebagai atase Polri di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor Leste.

Don da Costa merupakan mantan kepala Humas Kepolisian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Afrika tepatnya di Sudan dan Sudan Selatan.

Don da Costa menjalani tugas pertama pada tahun 2008-2010, berikutnya 2021-2013 dan yang terkahir 2016-2017.

Baca juga: Masuk Arab Saudi Tak Perlu Karantina dan Tes PCR

Don da Costa sudah terlibat dalam tugas-tugas PBB sejak 1998. Ia kembali ke Indonesia pada tahun 1999 dan menjadi perwira protokoldi staf pribadi Kapolda Irian Jaya (sekarang Papua).

Setahun setelahnya, tepatnya di tahun 2000, ia dipercaya menjadi Kapolsek Tembagapura. Ia juga pernah mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan desain keamanan di National Security Institute di New Mexico Amerika Serikat tahun 2011.

Don da Costa melakoni tugas perdananya di Sudan saat lulus pada Februari 2007. Kala iut, dari 57 partisipan, dia termasuk 12 yang terpilih dalam United Nations Mission in Sudan (UNMIS).

Baca juga: Putra  NTT, Kombes Polisi  Don da Costa Jadi Atase Polri  di Dili

Di Sudan, Don kerap memberikan pelatihan kepada polisi Sudan hingga melaksanakan patroli di kawasan pegunungan yang penuh ranjau.

Saat misi tersebut, tepatnya di September 2008, pria kelahiran Noemuti, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), 13 April 1971 ini lulus tes kompetensi dan menjadi kepala humas polisi PBB UNMIS. 

Ia menggantikan komandannya, Mayor Rodora Maylasdari Filipina. Agustus 2009 di Khartoum, ibu kota Sudan, ia lulus pendidikan menjadi penguji calon polisi PBB.

Baca juga: Izinkan Pemain Asing Tangguhkan Kontrak dengan Klub Rusia, FIFPro Nilai FIFA Kurang Tegas

Kini Don da Costa menempati posisi baru sebagai atase Polri pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor Leste. 

"Segera menyesuaikan diri, bangun sinergitas dan jaga nama baik bangsa,” pesan Duta Besar RI untuk Timor-Leste, Okto Dorinus Manik dalam sambutannya pada acara Serah Terima Tugas dan Tanggung Jawab Jabatan (Sertijab) Atase Polri pada KBRI di Dili, Timor-Leste.

Sertijab dilakukan dari Dubes kepada Komisaris Besar Polisi Don Da Costa, sebagai Atase Polri KBRI Dili, Timor Leste.

Baca juga: Rusia Rilis 22 Negara yang Dianggap Tak Bersahabat, Ada Indonesia?

Berbekal masa kerja 26 tahun dengan pengalaman tugas 14 tahun di Polda Papua, 8,5 tahun,  di misi perdamaian PBB Eropa dan Afrika, empat kali melaksanakan tugas belajar luar negeri, yakni di Amerika 2001, Australia 2005, New Zealand dan Korea Selatan 2018, Kombes Don da Costa dipercaya dan diharapkan akan sukses  menjalankan tugas itu.

Pengalaman lainnya, yakni  melaksanakan tugas khusus dari Pemerintah Indonesia ke Singapura dan Kuala Lumpur dan tugas khusus dari PBB ke Harare (Zimbabwe), New Delhi (India) dan Colombo (Sri Lanka). 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved