Berita Rote Ndao Hari Ini

Wabup Stefanus Sebut Pariwisata sebagai Penggerak Utama di Rote Ndao

visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao menyatakan pariwisata sebagai penggerak utama

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/MARIO GIOVANI TETI
FOTO BERSAMA - Wakil Bupati Rote Ndao bersama beberapa pejabat juga Bozhan salah satu personil Kaboax, juri Ana Mone No Ana Feto foto bersama finalis Ana Mone No Ana Feto, Selasa 1 Maret 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, ROTE NDAO - Wakil Bupati (Wabup) Rote Ndao, Stefanus M. Saek, SE., M.Si menyampaikan bahwa sektor pariwisata di Kabupaten Rote Ndao sebagai penggerak utama yang dibentuk oleh sektor pertanian dan perikanan.

Hal ini disampaikan Wabup dalam sambutannya di acara Penganugerahan Ana Mone No Ana Feto Explore Rote 2022, di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Rote-Ndao, Komplek Perkantoran Bumi Ti’i Langga Permai, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selasa 1 Maret 2022.

"Kita semua ketahui bersama bahwa di Kabupaten Rote Ndao ini, kita memiliki 3 keunggulan yang amat sangat kuat sekali, pertama, di darat ada lahan pertanian, kedua di laut, ada perikanan, dan ketiga adalah pariwisata," jelas Stefanus.

Baca juga: IKENANGA Terbentuk di Rote Ndao, Frederikus Sampang Dipercayakan Sebagai Ketua

Dikatakan Stefanus, di dalam visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati, secara tegas menyatakan pariwisata sebagai penggerak utama yang dibentuk oleh pertanian dan perikanan. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus perekonomian di daerah ini.

Untuk itu, lanjut Stefanus, sektor pariwisata terus didorong, agar memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Rote Ndao ini.

"Dengan demikian, dalam pembangunan pariwisata, tentu saja tidak terlepas dari semua pihak punya peran yang sangat besar dan juga tidak terlepas dari anak-anak, terutama anak-anak kita yang masih muda. Sehingga di bidang pariwisata mengadakan berbagai even yang melibatkan anak-anak kita," ujarnya.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Meningkat,  Bupati Rote Ndao Anjurkan Taat Prokes

Menurut Wabup Stefanus, bidang pariwisata sudah beberapa kali menyelenggarakan berbagai even, seperti baru-baru ini, diselenggarakan even Putra-Putri Pariwisata dan Putra Putri Tari tingkat Kabupaten Rote Ndao.

"Even ini sebagai bentuk keterlibatan kita mengisi perekonomian di Kabupaten Rote Ndao. Tentu yang sangat kita harapkan ialah melalui anak-anak kita ini, bisa mengeksplore Rote dari sisi pariwisatanya," katanya.

Ia menambahkan, pariwisata di Rote tidak hanya panorama yang memiliki nilai eksotis saja, tetapi  juga memiliki budaya yang demikian khas dan unik sebagai jati diri orang Rote.

Baca juga: Harga Jual Tomat di Pasar Oesapa Kota Kupang Fluktuaktif 

"Nah kalau lewat anak-anak ini, biasanya mudah, mereka bisa membuat konten, membuat video, dan juga apa saja yang bisa dipublish melalui media elektronik, dengan begitu pariwisata akan membumi dan dikenal oleh berbagai pihak," tandasnya.

Dirinya berharap bakat dari anak-anak remaja bahwa tidak terbatas pada teknikal even saja, tetapi setelah even ini, anak-anak ini bisa memberikan kontribusinya untuk mendukung pembangunan di daerah ini. Juga dari sisi pariwisata, kalau bisa mereka mempromosikan pariwasata di Rote Ndao, sesuai dengan kategori-kategori yang telah ditetapkan oleh bidang pariwisata.

"Saya mengharapkan kepada anak-anak, kiranya anak-anak terus mengembangkan talenta-talenta yang dimiliki,  supaya tidak hanya mengikuti even di tingkat Kabupaten saja, tetapi ini sebagai sebuah bentuk mempersiapkan diri untuk bisa mengikuti even-even yang lebih besar lagi," harapnya.

Baca juga: Ini Besaran Biaya Bagi Lembaga Bantuan Hukum Gratis di NTT

Ia melanjutkan, paling tidak kelak tampil di pentas, tata busana, kemudian perform, ekspresi dan sebagainya, sudah dimiliki yang kemudian sudah menjadi bekal.

"Kami pemerintah berharap, tentu setelah ini, dinas pariwisata terus membimbing anak-anak kita, untuk ikut even yang lebih besar lagi," harapnya.

Kepada para guru, wabup berpesan untuk terus membimbing dan mendampingi anak-anak yang berpotensi ini di sekolah. Teruslah dikembangkan bakat dan minat mereka agar bisa berperan di dalam misi pembangunan sesuai dengan talenta atau kemampuan yang mereka miliki.

Baca juga: Anggota DPRD Kabupaten Kupang, Deasy Ballo: Penggunaan Gorong-Gorong di Sungai Besar Tidak Tepat

"Jangan berbangga dari apa yang didapatkan hari ini, tetapi ini menjadi langkah awal, untuk memulai sesuatu yang lebih bermakna lagi kedepannya," pesannya.

Hadir dalam acara penganugerahan ini, Kepala BNNK Rote Ndao, Kepala Bank NTT Rote Ndao, Sekretaris Daerah Rote Ndao, Kadis Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Rote Ndao,  Bozhan salah satu personil Kaboax, Putra-Putri Pariwisata dan Tari serta jajaran pegawai lainnya. (CR10)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved