Berita Belu Hari Ini

Pemerintah Kabupaten Belu Beri Bantuan kepada ODGJ di Raihat

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD memberikan bantuan tanggap darurat kepada Maria Yasintha Tahan

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
BERI BANTUAN - Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD memberikan bantuan tanggap darurat kepada Maria Yasintha Tahan, seorang ibu yang memiliki gangguan jiwa atau ODGJ, di Desa Raifatus, Kecamatan Raihat, Kamis 17 Febuari 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD memberikan bantuan tanggap darurat kepada Maria Yasintha Tahan, seorang ibu yang memiliki gangguan jiwa atau ODGJ.

Janda lima anak ini adalah warga Desa Raifatus, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, wilayah perbatasan RI-RDTL.

Usai menggelar rapat dengan pemerintah desa dan tokoh masyarakat di Kantor Desa Raifatus, Bupati dan wakil bupati Belu bersama rombongan mendatangi kediaman Yasinta Tahan yang letaknya tak jauh dari kantor desa, Kamis sore 17 Febuari 2022.

Pemerintah membawa bantuan berupa perlengkapan tidur, bahan makanan, perlengkapan dapur dan terpal. Bantuan diserahkan Bupati Belu dan Wakil Bupati Belu dan diterima Yasinta Tahan disaksikan anak-anaknya. Hadir juga saat itu, Kepala Dinas Sosial, Eda Fahik; Kepala Dinas Perhubungan, Jovi Bere Loy, Kabid Linjamsos Dinas Sosial Belu, Roni Salem, Camat Raihat dan Kepala Desa Raifatus.

Baca juga: Bupati Belu Sudah Ingatkan Staf Responsif dengan Laporan Bencana

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap kondisi Yasinta Tahan yang serba kekurangan.

Yasinta bersama tiga anaknya tinggal di rumah reot. Kondisi rumah sudah miring. Rumah berlantai tanah, dinding bebak tanpa pintu. Atapnya pakai sengk bekas dan sudah berlubang. Rumah ukuran 4x6 itu tanpa sekat, terlihat seperti aula. Duduk dari pintu saja sudah kelihatan semua isi rumahnya.

Dalam rumah terlihat satu tempat tidur, dua kasur tidur dan lemari kecil. Di sudutnya ada tungku api dan beberapa jerigen timba air.  Pakaian digantung tak beraturan di dinding.

Bupati Belu mengatakan, bantuan yang diberikan saat itu bersifat darurat yang bersumber dari Pemkab Belu dan Pemprov NTT. Kedepannya, pemerintah akan membantu pembangunan rumah layak huni bagi keluarga Yasinta.

Baca juga: Bupati Belu Serahkan Bingkisan Hari Pers Nasional Untuk Lansia

Kepala Desa Raifatus, Heribertus Bere Koi mengatakan, Yasintha Tahan adalah janda. Suaminya telah meninggal dunia empat tahun lalu setelah pulang merantau di Malaysia.

Yasinta memiliki lima orang anak dan tiga diantaranya masih tinggal bersamanya yaitu, Veronika Mau, Genoveva Solo Mau dan Blasius Sotir Mau. Sedangkan dua anak lainnya tinggal jauh dari kampung.

Kades Raifatus menyampaikan terima kasih kepada Bupati Belu dan Wakil Bupati Belu yang sudah datang mengunjungi warga di Desa Raifatus khususnya Ibu Sinta dan anak-anaknya.

Menurut Kades, pemerintah desa akan menindaklanjuti permintaan bupati Belu untuk memperbaiki rumah tinggal Yasinta Tahan.

"Kami pihak desa siap mensponsori langsung pembangunan rumah mama Sinta. Saat ini sudah banyak swadaya yang kami kumpulkan untuk membangun rumah mama Sinta. Dalam waktu dekat kami dan masyarakat sekitar akan bergotong royong membangun rumah ini. Nanti apabila ada hal yang tidak bisa diakomodir, kami akan meminta kepada pihak kabupaten dalam hal ini bapak Bupati atau Dinas terkait", katanya. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved