Breaking News:

Berita Kota Kupang

Spam Kali Dendeng Layani 72.000 Jiwa di Kota Kupang

SPAM Dendeng akan disiapkan unit kerja khusus pengelola Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk SPAM Dendeng yang setara sub bagian

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Inilah lokasi proyek pembangunan SPAM Kali Dendeng di Kelurahan Penkase-Oeleta. Gambar diambil beberapa waktu lalu. 

Laporan Kontributor POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Kota Kupang, Jhoni Ottemoesoe menyampaikan SPAM Kali Dendeng dapat melayani 72.000 jiwa di Kota Kupang.

"Manfaat SPAM ini dapat menambah 12.000 pelanggan baru sampai dengan tahun 2025 atau dapat terlayani dari SPAM Dendeng sebanyak 72.000 jiwa, artinya dapat memaksimalkan pelayanan air minum dari sisi kualitas, kuantitas dan kontinuitas," ujarnya, Rabu 12 Januari 2022.

Pembangunan SPAM ini dengan kapasitas terpasang 150 L/D. Metode pengolahan dengan menggunakan Ultrafiltrasi yang terlebih dahulu dilakukan pengendapan pada bak prasedimentasi.

Baca juga: Kepala SMKN 3 Kota Kupang Telusuri Siswi yang Isap Rokok Minum Sopi di Ruang Kelas

SPAM ini menggunakan 2 (dua) kali system pemompaan yaitu dari prasedimentasi ke intalasi pengolahan air dan dari instalasi pengolahan air ke reservoir 1000 m3 di kelurahan Oeleta Penkase.

"Terdapat dua reservoir produksi yaitu reservoir 3000 m3 dan reservoir 1000 m3. untuk pengisian reservoir 1000 m3 akan dilakukan pemompaan dari IPA dengan kapasitas 50 L/D," jelasnya.

Dari dua reservoir produksi akan dilakukan pengisian pada 8 reservoir eksisting dan 1 reservoir baru. Sistem control menggunakan SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) untuk pengontrolan system produksi sampai dengan pengisian reservoir eksisting.

Baca juga: Update Covid-19 di Kota Kupang, Dua Pasien Sembuh dan 27 Diisolasi

Dengan demikian, asusmsi peningkatan pendapatan PDAM pertahun sebesar Rp. 355.325.280, dan akan meningkat dua kalinya setiap tahun dengan asumsi setiap tahun terdapat penambahan SR sebanyak 4000 unit.

Ia menerangkan, perumda Air Minum Kota Kupang memiliki Intalasi Pengolahan Air (IPA) yang sudah ada  juga dimanfaatkan sungai/kali dendeng sebagai sumber air bakunya yaitu IPA Manutapen.

"Kapasitas terpasang 2X10 L/D, Sistem pengolahan yang digunakan Ultrafiltrasi dan dapat melayani 515 pelanggan di Kelurahan Manutapen, Mantasi, Air Mata, LLBK, Solor, Tode Kisar dan saat ini juga melayani RSUD W.Z. Yohanes," jelas dia.

Baca juga: Akhir Februari 173 Rumah Relokasi di Kota Kupang Ditargetkan Selesai

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved