Breaking News:

Berita Kota Kupang

Akhir Februari 173 Rumah Relokasi di Kota Kupang Ditargetkan Selesai

Sebanyak 173 rumah relokasi bagi warga terdampak badai siklon Seroja di Kota Kupang, ditargetkan akan selesai pada akhir bulan februari mendatang

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kota Kupang, Cornelis Beni Sain saat diwawancarai diruang kerjanya, Rabu 12 Januari 2022 

Laporan Kontributor POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Sebanyak 173 rumah relokasi bagi warga terdampak badai siklon Seroja di Kota Kupang, ditargetkan akan selesai pada akhir bulan februari mendatang.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kota Kupang, Cornelis Beni Sain, mengatakan, sampai saat ini, pogres pembangunan rumah relokasi untuk bantuan korban seroja, pekerjaannya hampir mencapai 80 persen.

Menurut Beni Sain, saat semua pekerjaan sudah rampung, artinya pekerjaan 173 rumah itu rampung, barulah bisa ditempati oleh masyarakat penerima.

"Jadi tidak bisa ditempati satu rumah saja, semuanya akan menempati rumah tersebut secara bersamaan menunggu sampai semua rumah selesai dikerjakan," kata Beni, Rabu 12 Januari 2022.

Menurut Beni, untuk pekerjaan rumah relokasi, memang ada beberapa rumah yang sudah rampung dikerjakan. Tetapi harus menunggu semua rumah selesai dikerjakan, lalu diserahkan Pemkot dan diberikan ke warga terdampak. "Kami masih menunggu petunjuk dari kementerian," ucapnya.

Baca juga: Sebanyak 164 KK di Liliba Dapat Dana Seroja dari Pemerintah Pusat

Terkait lahan seluas 10 hektare di Kelurahan Fatukoa, Beni menyebut saat ini untuk urusan pembebasan lahannya sudah selesai, juga sudah diproses sertifikatnya.

Dia menjelaskan,  di lahan tersebut nantinya akan dibangun rumah bagi warga korban seroja yang belum mendapatkan rumah relokasi.

"Jumlah keseluruhan warga yang membutuhkan bantuan rumah dari pemerintah, karena rumah mereka sudah tidak bisa ditempati, sebanyak 328 rumah," ujarnya.

Beni menegaskan saat ini yang sedang dibangun dan rampung pada akhir Februari sebanyak 173 rumah, sisanya 155 rumah akan dibangun di lahan Kelurahan Fatukoa.

Baca juga: BNPB Sudah Transfer Dana Stimulan Bagi Warga NTT yang Terdampak Badai Seroja

"Nanti mekanismenya seperti apa kita akan lihat dan tunggu petunjuk dari kementerian. Pasalnya, pemerintah daerah hanya bertanggungjawab menyiapkan lahan dan segala kelengkapan administrasinya," katanya. (*)

Baca Berita Kota Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved