Breaking News:

Berita Kota Kupang

Dinkes Kota Kupang Tunggu Petunjuk Kemenkes Terkait Vaksin Booster

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang,  petunjuk pelaksanaan vaksinasi ketiga atau vaksin booster dari Kementerian Kesehatan ( Kemenkes)

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg. Retnowati 

Laporan Kontributor POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang,  masih menunggu petunjuk pelaksanaan vaksinasi ketiga atau vaksin booster dari Kementerian Kesehatan ( Kemenkes). Dinkes sendiri telah siap untuk melaksanakan vaksinasi bila sudah ada petunjuk.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg Retnowati mengatakan, saat ini tim Dinas Kesehatan siap untuk melaksanakan vaksin ketiga atau Booster, demikian harus berdasar pada petunjuk pelaksanaan dari Kemenkes.

"Untuk vaksin ketiga atau booster tentunya juga harus melihat pada ketersediaan vaksin itu sendiri," kata Retnowati, Kamis 13 Januari 2022.

Vaksin yang digunakan sebagai vaksin ketiga atau booster adalah vaksin jenis Moderna dan Pfizer. Sasarannya, vaksin diberikan kepada semua masyarakat, yang sudah menerima vaksin dosis pertama dan kedua, dengan jenis vaksin Cinovac, Astra Zeneca dan lainnya.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona Varian Omicron Dinkes Kota Kupang Imbau Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

"Kalau ditanya kita siap atau tidak untuk melaksanakan vaksin ketiga untuk seluruh masyarakat Kota Kupang tentunya kita selalu siap, tetapi kita juga perlu memperhatikan aturan yang ada dan juga stock atau ketersediaan vaksin itu sendiri," jelas Retnowati.

Menurutnya, salah satu syarat daerah untuk melaksanakan vaksin ketiga atau booster, adalah jika capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 70 persen. Di Kota Kupang, capaian vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 91,71 persen dan dosis ke dua mencapai 66,85 persen.

Dalam waktu dua minggu ke depan ini, Dinas Kesehatan bersama seluruh tim dari puskesmas, juga akan fokus untuk memberikan pelayanan vaksinasi bagi sasaran lansia.

Baca juga: Transparansi, Dinkes Kota Kupang Salurkan Dana Insentif Covid-19 Nakes Melalui Bank

Penyebabnya, capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Kupang baru mencapai 65 persen, sementara 5 persen diantaranya merupakan Warga luar atau bukan memiliki KTP Kota Kupang.  (*)

Baca Berita Kota Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved