Breaking News:

Berita Kota Kupang

Antisipasi Virus Corona Varian Omicron Dinkes Kota Kupang Imbau Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Antisipasi Virus Corona Varian Omicron Dinkes Kota Kupang Imbau Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Penulis: Kanis Jehola | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/DOKUMENTASI
Kepala Dinas Kesehatan KOta Kupang, drg. Retnowati 

Laporan wartawan POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Mengantisipasi datangnya penyakit coronavirus ( Covid-19) varian Omicron, Dinas Kesehatan Kota Kupang ( Dinkes Kota Kupang) mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ( Prokes).

Imbauan ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati, M.Kes, saat dihubungi POS-KUPANG.COM, Rabu, 8 Desember 2021. Ia ditanya tentang kesiapan Pemerintah Kota Kupang mengantisipasi dan mencegah datangnya virus baru Covid-19 varian Omicron.

"Yang pasti masyarakat harus taat prokes (protokol kesehatan) kak. Masyarakat juga harus menerima vaksin," kata Retnowati singkat.

Dijelaskannya, pola penanganan yang akan dilakukan pemerintah tentu tidak jauh berbeda dengan pola penanganan yang sudah dilakukan selama ini.
Apabila ada warga yang mengalami batuk, pilek dan panas, diimbau agar segera melakukan pengobatan ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

Ditanya apa sikap Pemkot Kupang sehubungan masih banyaknya warga Kota Kupang yang kurang disiplin menerapkan prokes, misalnya tidak memakai masker, atau ada yang memakai masker tapi tidak sesuai ketentuan, Retnowati tidak menjawab lugas. "Iya agak bandel e," jawabnya singkat.

Sebagaimana diberitakan Kompas.Com, Kamis 9 Desember 2021 (
https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/09/0 80500665/45-negara-konfirmasi-kasus-infeksi-o micron-berikut-perkembangannya-?page=all ), virus corona varian Omicron terus menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Varian baru yang menjadi Variant of Concern oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada akhir November lalu ini diketahui memiliki jumlah mutasi yang tinggi sehingga mempercepat penyebarannya.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kepala Penyakit Baru dan Zoonosis dari Health Emergency Program WHO, Dr Maria Van Kerkhove, Omicron telah menyebar di 38 negara.

Informasi itu disampaikan Maria dalam bincang-bincang yang ditayangkan di YouTube WHO, 3 Desember 2021.

"Kami telah melaporkan Omicron di 38 negara di 6 wilayah WHO dan kami melihat peningkatan kasus Omicron di Afrika Selatan," kata Maria. Namun, WHO tidak menjabarkan mana saja ke-38 negara yang dimaksud. (*)

Baca Berita Kota Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved