Breaking News:

Tips Sehat

Gejala Penyakit Maag dan GERD, Kenali Perbedaannya

Gastroesophageal reflux disease alias GERD menjadi salah satu kondisi kesehatan yang cukup sering dialami banyak orang.

Editor: Eflin Rote
BENEFITSANDLOSS.COM
ILUSTRASI sakit. Ada sejumlah tanda yang dapat memberi tahu seseorang bahwa organ hatinya mulai bekerja tak sempurna, yaitu sebagai berikut: 

POS-KUPANG.COM - Gastroesophageal reflux disease alias GERD menjadi salah satu kondisi kesehatan yang cukup sering dialami banyak orang.

GERD terjadi ketika asam lambung sering mengalir kembali ke atas tabung yang menghubungkan mulut dan perut (kerongkongan).

Kondisi ini diketahui sebagai refluks asam lambung yang dapat mengiritasi lapisan kerongkongan.

Untuk lebih jelasnya, berikut tanya jawab perihal penyakit GERD bersama dr. Kaka Renaldi, Sp.PD, KGEH, selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi RS Pondok Indah - Bintaro Jaya.

Baca juga: Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Autoimun, Banyak Dialami Perempuan Produktif

1. Apa saja sih, Dok penyebab dari GERD?

Penyebab GERD ada banyak, bisa dari pola makan yang tidak teratur, istirahat yang kurang, tidur yang kurang, ataupun karena kecapekan.

"Sering kali kalau di Jakarta atau di kota-kota besar, GERD itu disebabkan karena adanya stres atau pikiran. Hal ini sangat berhubungan dengan produksi asam lambung yang berlebih dan juga gangguan pengosongan lambung sehingga menyebabkan GERD," ujarnya.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

2. Apakah GERD, asam lambung, dan maag itu sama?

GERD itu suatu akibat sensasi tidak nyaman yang diakibatkan asam lambung yang naik atau refluk ke tenggorokan dan ditandai dengan heartburn.

Halaman
1234
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved