Breaking News:

Berita Sumba Timur

Pekan Kedua Januari 2022, Vaksin Dosis Pertama di Sumba Timur Sentuh 75 persen

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur mencatat pertambahan angka cakupan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di wilayah itu

Penulis: Ryan Nong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Vaksinasi bagi pedagang dan pengunjung pasar Matawai oleh BInda NTT dan Puskesmas Kota Waingapu pada Januari 2022. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU -  Pemerintah Kabupaten Sumba Timur mencatat pertambahan angka cakupan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di wilayah itu. 

Memasuki pekan kedua Januari 2022, capaian vaksinasi dosis pertama di kabupaten terbesar di Pulau Sumba itu telah menyentuh angka 75,41 persen. Sebanyak 131,307 dari total sasaran 174.123 warga Sumba Timur tercatat telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama hingga Senin, 10 Januari  2021.

Demikian Sekretaris Daerah Sumba Timur, Domu Warandoy kepada POS-KUPANG.COM. "Cakupan vaksin dosis pertama kita sudah 75 persen."

Sementara, vaksin dosis kedua juga mengalami peningkatan mencapai 40,49 persen hingga Senin 10 Januari 2022. Tercatat sebanyak 70.507 warga menerima vaksin dosis kedua.

Baca juga: Tidak Ada kasus Baru Covid-19 di Sumba Timur, Positif Rate Turun Jadi 9,96

Sekda Warandoy mengatakan, progres Vaksinasi di daerah itu terus mengalami kemajuan. Hal tersebut tercapai seiring upaya percepatan vaksinasi yang dilakukan pemerintah daerah bersama dengan stakeholder terkait di wilayah itu. 

Sementara itu, untuk vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster bagi tenaga kesehatan (nakes) mencapai 68,21 persen atau setara 1.373 tenaga kesehatan dari total 2.013 orang. 

Prosentase tertinggi vaksin dosis pertama berdasarkan sasaran yakni nakes dengan prosentase 109,99 persen atau setara 2.214 nakes dari total 2.013 sasaran. 

Selain itu, progres vaksin untuk pelayan publik juga telah mencapai angka 86,21 persen atau setara 16.543 dari total 19.189 sasaran pelayanan publik. Selain itu vaksin dosis pertama untuk remaja mencapai 116,95 persen atau setara 29.508 remaja dari total 25.145 sasaran.

Baca juga: Update Covid-19 di Sumba Timur : Tak Ada Kasus Baru dan Pasien Sembuh, Positif Covid Tetap 18 Orang

Dalam rangka mempercepat cakupan Vaksinasi dan capaian target vaksinasi, lanjut Sekda Warandoy, pemerintah kabupaten mulai melakukan percepatan vaksinasi di wilayah pinggiran dan menyasar seluruh wilayah. . 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, SKM, M.Ap., yang dihubungi terpisah menyebut vaksinasi harian tetap dilaksanakan oleh tim dari empat Puskesmas di Kota Waingapu. 

Upaya percepatan vaksinasi ini terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur. Upaya percepatan dilaksanakan untuk menciptakan herd immunity seluruh masyarakat Kabupaten Sumba Timur dalam menghadapi pandemi Coronavirus atau Covid-19 sebagaimana instruksi Presiden Jokowi.

Selain oleh Dinas Kesehatan, pelaksanaan vaksinasi juga melibatkan lembaga vertikal, partai politik serta TNI Polri. Vaksinasi Covid -19 di Kabupaten Sumba Timur dilaksanakan setiap hari sesuai dengan ketersediaan vaksin.  (*) 

Baca Berita Sumba Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved