Breaking News:

Berita Kota Kupang

Pandemi Covid-19 Pengaruhi Data Stunting 2021 di Kota Kupang

Adanya pandemi Covid-19 sangat berpengaruhi terhadap data stunting 2021 di Kota Kupang

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg. Retnowati, M.Kes 

Laporan Kontributor POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Partisipasi peserta balita untuk mengikuti penimbangan berat badan di posyandu menurun selama 2021. Penyebabnya, karena pandemi Covid-19 dan berujung pada perhitungan riil data stunting di Kota Kupang selama tahun 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Retnowati, dalam rapat dengan Komisi IV DPRD Kota Kupang pada Senin 10 Januari 2022 menyampaikan itu.

Akibat dari itu juga, Retno menjelaskan, jumlah stunting sebenarnya di Kota Kupang tidak seluruhnya dapat disimpulkan oleh pihaknya. Untuk itu data stunting sementara yang ada berdasarkan kondisi kepesertaan tersebut.

Keterkaitan data stunting hingga akhir 2021, sebut Retno, baru 46 persen yang melakukan penimbangan akibat kondisi pandemi Covid-19 selama ini.

Baca juga: BKKBN dan Waket Komisi IX DPR RI Sosialisasi Pencegahan Stunting di Kabupaten Kupang

Sementara proses pendataan dan verifikasi yaitu berdasarkan massa penimbangan dilakukan pada Februari maupun Agustus. Sedangkan pada saat yang sama tersebut, sebut dia, kasus Covid-19 di Kota Kupang mengalami peningkatan di Februari dan Agustus.

"Kasus Covid-19 tinggi sehingga kepesertaan dari rata-rata posyandu itu kurang lebih hanya 11 hingga 30 posyandu yang melakukan penimbangan," urai dia.

Akhirnya dari penimbangan 2021 sebanyak 6 ribu lebih atau hanya terpenuhi 46 persen selama 2021. Dengan kondisi ini pihaknya sendiri tidak dapat berbuat banyak.

Sementara pada bulan Februari mendatang yaitu pada 2022 ini, kata Retno posyandu dapat membuka pelayanan untuk melakukan penimbangan dan kepesertaannya diharapkan dapat 100 persen.

Baca juga: Puluhan Desa dan Kelurahan di Lembata Dapat Perhatian Upaya Penanganan Stunting

Ia menyebutkan jumlah prakiraan stunting apabila kepesertaan dalam proses penimbangan hingga 100 persen tahun ini dapat sekitar 22 hingga 25 persen kasus yang ditemukan.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved