Breaking News:

Tips Sehat

Bisa Jangkiti Anak-anak dan Orang Dewasa, Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Kaki Gajah

Dilansir dari laman Sehat Negeri Kementerian Kesehatan (Kemkes), penyakit kaki gajah disebabkan oleh tiga spesies cacing Filaria.

Editor: Eflin Rote
Shutterstock
Ilustrasi Kaki Gajah 

POS-KUPANG.COM - Filariasis atau yang lebih dikenal sebagai penyakit kaki gajah merupakan masalah kesehatan yang serius yang didapat diderita oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Dilansir dari laman Sehat Negeri Kementerian Kesehatan (Kemkes), penyakit kaki gajah disebabkan oleh tiga spesies cacing Filaria.

Tiga cacing tersebut adalah Wucheria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timori. Ketiganya menular melalui nyamuk sebagai vektor.

Tidak seperti penyakit demam berdarah atau malaria, penyakit gagi gajah dapat ditularkan oleh semua jenis nyamuk, termasuk genus Anopheles, Culex, Aedes, dan Arnigeres.

Baca juga: Gejala Penyakit Asam Urat, Kenali Faktor Risikonya

Kaki gajah ditularkan ketika seekor nyamuk menghisap darah seseorang yang mengandung anak cacing Filaria yang dissebut mikrofilaria.

Selama sekitar dua minggu, anak cacing tersebut menjadi parasit di tubuh nyamuk hingga berubah menjadi larva.

Kemudian, ketika nyamuk itu menggigit dan menghisap darah orang lain, larva akan masuk ke dalam tubuh, tumbuh, dan berkembang di dalam pembuluh dan kelenjar getah bening selama berbulan-bulan hingga menjadi cacing Filaria dewasa.

Cacing Filaria dewasa dapat menghasilkan cacing Filaria kecil yang beredar aktif di peredaran darah pada malam hari dan berada di kapiler darah organ dalam saat siang hari.

Baca juga: Kenali 6 Gejala Penyakit Paru-paru, Mulai Batuk-batuk hingga Sesak Nafas

Gejala penyakit kaki gajah

Dilansir dari Healthline, gejala penyakit gajah yang paling umum adalah pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Biasanya, kaki adalah area yang paling sering terserang. Namun, pembengkakan akibat penyakit ini juga dapat terjadi di alat kelamin, payudara, dan lengan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved