Breaking News:

Tips Sehat

Kenali 6 Gejala Penyakit Paru-paru, Mulai Batuk-batuk hingga Sesak Nafas

Waspadai 6 Gejala Penyakit Paru-paru Ini, Antisipasi Biaya Berobat dengan BPJS Kesehatan

Editor: Eflin Rote
Istimewa
Ilustrasi pria sembuh dari kanker paru-paru hanya minum madu. Artikel ini telah tayang di tribunmanado.co.id dengan judul Kisah Keajaiban Pria Kanker Paru Stadium Akhir yang Kembali Sehat Setelah Iseng Minum Cairan Ini, https://manado.tribunnews.com/2020/10/17/kisah-keajaiban-pria-kanker-paru-stadium-akhir-yang-kembali-sehat-setelah-iseng-minum-cairan-ini?page=4. Editor: Frandi Piring 

POS-KUPANG.COM - Paru-paru merupakan organ penting dalam tubuh yang menunjang kehidupan manusia. Sebab, paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran antara gas oksigen dengan karbon dioksida.

Untuk itu, kelainan atau penyakit yang membuat paru-paru tidak dapat berfungsi dengan baik bisa membahayakan kesehatan seseorang.

Laman resmi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) menjelaskan, kesehatan organ pernapasan dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya kualitas udara serta mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan jamur.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat memperburuk kondisi paru-paru. Hal ini patut menjadi perhatian sebab bahaya merokok tidak hanya mengintai perokok tetapi juga orang lain di sekitar yang ikut menghirup asap rokok.

Baca juga: Mulut dan Mata Miring Gejala Penyakit Bells Palsy, Kenali Tanda Lainnya

Untuk menjaga paru-paru tetap dalam kondisi baik, diperlukan deteksi dini terkait penyakit paru-paru sebelum terlambat.

Melansir laman resmi Kemenkes, berikut beberapa gejala umum penyakit paru-paru yang patut diwaspadai.

1. Batuk terus-menerus yang tidak kunjung sembuh

Salah satu gejala umum saat seseorang mengalami penyakit paru-paru adalah batuk kronis yang tidak kunjung sembuh atau mereda.

Baca juga: Kenali Perbedaan Gejala Penyakit Tipes dan Demam Berdarah (DBD)

Penyakit seperti bronkitis dan pneumonia dapat memicu batuk yang mungkin disertai lendir kental. Lendir ini dapat berwarna warna bening hingga berwarna hijau kekuningan.

Terkadang, batuk lama dengan lendir yang kental juga disertai dengan keluarnya bercak darah.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved