Breaking News:

Berita TTS

Yayasan Tanpa Batas Bersama Stakeholder Pemda TTS Adakan Pemeriksaan Mata di Puskesmas Kapan

Yayasan Tanpa Batas Bersama Stakeholder Pemda TTS Adakan Pemeriksaan Mata Bagi Warga di Puskesmas Kapan

Editor: Gordy Donofan
Istimewa
Suasana pemeriksaan mata di Puskesmas Kapan, Kecamatan Molo Utara Kabupaten TTS, Kamis 25 November 2021 

POS-KUPANG.COM - Dalam rangka upaya meningkatkan temuan kasus gangguan penglihatan Yayasan Tanpa Batas (YTB) bersama Puskesmas Kapan melakukan kampanye kesehatan mata.

Kegiatan dilaksanakan di halaman Puskesmas Kapan Kecamatan Molo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kamis 25 November 2021.

Kampanye yang mengusung tema menggunakan bahasa mollo "Nek Ho Matam" yang dalam bahasa Indonesia berarti Sayangi Matamu ini mengusung dua hal penting yakni Sosialisasi Kesehatan Mata dan Pemeriksaan Mata.

Kegiatan ini melibatkan Stakeholder dalam hal ini Dinkes Kab. TTS, Bapeda kabupaten TTS, Camat Mollo Utara, Puskesmas Kapan dan Yayasan Tanpa Batas dan masyarakat di Kecamatan Mollo Utara sebagai sasaran kegiatan.

Baca juga: Fokus Masalah TPPO , Bupati TTS Apresiasi Kanwil Kemenkumham NTT 

Direktur YTB, Deni Sailana, S.Sos, menyampaika bahwa gangguan penglihatan terjadi pada semua kelompok umur.

"Menurut data Kemenkes Kelainan refraksi yang tidak ditangani adalah penyebab pertama gangguan penglihatan (42%), sementara  penyebab pertama  kebutaan adalah katarak (51%),’’ujar Sailana dalam siaran pers yang diterima POS-KUPANG.COM Jumat 26 November 2021.

Sementara itu, Camat Mollo Utara, Efraim Letik menyampaikan kegiatan seperti ini sangat baik dikarenakan masyarakat langsung mendapatkan pemeriksaan mata sehingga tidak sekedar memberikan edukasi saja.

"Kegiatan ini kedepannya semoga tetap masih diadakan lagi dan masyarakat yang nantinya mendapatkan pemeriksaan dan  mengalami gangguan penglihatan dapat difasilitasi untuk layanan pengobatan dan operasi,’’ujar Efraim.

Ia berharap melalui kegiatan ini banyak masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kapan dapat diperiksa dan dirujuk ke Kupang jika memerlukan penanganan lanjutan.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten TTS,  Yus Nenosono mengaku senang dengan kegiatan ini karena masalah kesehatan mata masih diabaikan meskipun mata merupakan indera yang penting.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved