Breaking News:

Berita Pemprov NTT

UT Siapkan Pembelajar yang Sukses Melalui Orientasi dan Keterampilan Belajar Jarak Jauh

mahasiswa yang hadir dan aktif dalam kegiatan OSMB maupun PKBJJ ini menunjukkan kesungguhannya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

Penulis: Paul Burin | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/IRFAN HOI
Para pembicara dalam kegiatan OSMJJ dan PKBJJ UT Kupang. 

UT Siapkan Pembelajar yang  Sukses melalui Orientasi  dan Keterampilan Belajar Jarak Jauh

POS-KUPANG.COM, KUPANG --Universitas Terbuka Kupang selalu menyiapkan para pembelajar yang tangguh agar sukses melalui  orientasi dan keterampilan belajar jarak jauh.

Peserta didik yang diterima menunjukkan bahwa ia  memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan. 

"Tentu institusi berharap bahwa peserta didik dapat mencapai keberhasilan selama proses pembelajaran, melalui berbagai layanan akademik dan non akademik yang diberikan. Untuk mencapai tujuan tersebut, institusi perlu membekali peserta didik dengan berbagai penjelasan tentang sistem pendidikan, layanan akademik dan non akademik, tata organisasi, dan lain-lain dalam lingkup kehidupan kampus, yang disebut dengan orientasi," kata Direktur UT, Yos Sudarso, M.Pd di Kupang, Kamis, 30 September 2021.

Direktur Yos mengatakan, orientasi ini perlu diberikan dari awal penerimaan mahasiswa baru dalam bentuk Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) agar peserta didik sejak awal siap untuk mengikuti pembelajaran dan dapat cepat beradaptasi.

Hal inilah yang dilakukan oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kupang pada kegiatan OSMB hari Sabtu,  25 September 2021 yang dilanjutkan dengan  Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) hari Minggu, 26 September 2021.

Kegiatan ini kata Direktur  Yos,  dirancang untuk mahasiswa baru periode 2021/2022.1 atau 2021.2 sebanyak 1.593 orang.

Baca juga: Pemprov NTT Kerja Sama Dengan Unwira Kupang, Ini Pesan Gubernur NTT

Kegiatan OSMB dan PKBJJ rutin dilakukan oleh UT pada mahasiswa baru yang dilakukan setiap semester, mengingat penerimaan mahasiswa baru dilakukan duavkali setahun atau tiap semester.

Direktur Yos mengatakan, sehubungan dengan situasi negara  saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka kegiatan dilakukan melalui presentasi secara dalam jaringan (daring), yaitu melalui zoom dan dapat diakses melalui Youtube. Kegiatan ini dibagi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang hari.

Mahasiswa dipersilakan memilih sesi mana yang bisa diikuti, sesuai dengan kondisinya. Pada
Kegiatan OSMB   diawali dengan penjelasan tentang Pengenalan UT dan Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ)  oleh Direktur UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved