Berita Manggarai Timur

Polres Manggarai Timur Ajukan Bangun Polsubsektor di Lamba Leda Selatan dan Rana Mese

Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Polres Manggarai Timur (Matim) akan membangun dua Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor).

Penulis: Robert Ropo | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Kapolres Manggarai Timur, AKBP Nugroho Arie Siswanto, SH 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | BORONG - Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Polres Manggarai Timur (Matim) akan membangun dua Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor).

Kedua Polsubsektor yang akan dibangun itu yakni Polsubsektor Mano di Kecamatan Lamba Leda Selatan dan Polsubsektor di Rana Mese, Kecamatan Rana Mese.

Kapolres Manggarai Timur,  AKBP Nugrohi Siswanto menyampaikan kepada POS-KUPANG.COM, Jumat 24 September 2021.

Kapolres Nugroho menjelaskan, untuk pembangunan sebuah Polsek tentu membutuhkan tahapan sesuai mekanisme ditubuh Polri. Karena itu, pihaknya terlebih dahulu membangun Polsubsektor.

Baca juga: Info Sport, Presiden Jokowi Dipastikan Membuka Gelaran PON XX Papua pada 2 Oktober 2021

Pihaknya pada tahun 2021 ini mengajukan untuk pembangunan 2 Polsubsektor tersebut, yakni Polsubsektor Mano dan Polsubsektor Ranamese. Saat ini sedang berproses di Markas Besar (Mabes) Polri.

"Mudah-mudahan secepatnya tahun ini keluar SK pembentukanya paling lambat tahun depan,"ungkapnya.

Terkait lahan untuk pembangunan Polsubsektor itu, jelas Kapolres Nugroho, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemda dan masyarakat adat setempat. 

Untuk di Mano, pihaknya sudah mendapatkan hibah lahan dari Pemda Manggarai Timur dengan luas sekitar 1,2 hektar. Saat ini sedang berproses untuk pengurusan sertifikat tanah itu.

Baca juga: Ingin Nonton Langsung PON XX Papua 2021 ? Ini Beberapa Syarat Penting Penonton Masuk ke Venue

Di Rana Mese, pihaknya juga sudah mendapatkan penyerahan lahan dari masyarakat melalui Pemerintah Kecamatan Setempat. Pihaknya juga saat ini sedang melakukan koordinasi untuk pembuatan sertifikat.

Dikatakan Kapolres Nugroho, pihaknya juga berusaha setiap kecamatan ada lahan untuk Polres demi pembangunan Pospol, Polsubsektor maupaun nantinya akan dibangun Polsek sehingga pihaknya lebih mendekatkan lagi pelayanan kepada masyarakat. 

"Polres Manggarai Timur baru memiliki 4 Polsek yakni Polsek Borong, Kota Komba, Sambi Rampas dan Polsek Lamba Leda Utara. Saat ini sudah ada titik terang untuk lahan selain di Mano dan Rana Mese juga di Kecamatan Congkar dimana lahanya sudah dapat atas penyerahan masyarakat tinggal urus sertifikat.

Sedangkan di Kota Komba Utara kita sudah bertemu masyarakat dan pemerintah kecamatan disana untuk proses penyerahan lahan dan hampir setiap kecamatan kami sedang melakukan koordinasi,"jelas Kapolres Nugroho.

Kata dia, terkait masih keterbatasan Polsek ini secara wilayah hukum bisa dilayani, namun untuk lebih mempercepat pelayanan kepada masyarakat harus meletakan personil-personil di wilayah-wilayah itu.

"karena memang masalah jarak dan kondisi geografis, sehingga bila ada kejadian kita ke TKP agak terlambat karena jarak yang jauh dengan topografi yang sulit,"ungkap Kapolres Nugroho. (*)

Berita Manggarai Timur Lainnya :
 

 
 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved