Breaking News:

Berita Sumba Timur

Kasus Positif Aktif Covid-19 di Sumba Timur Cenderung Menurun

Penambahan kasus baru itu terdapat di Kecamatan Kambera dengan 2 Kasus dan Kecamatan Kahaungu eti dengan 1 Kasus.

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Petugas sedang mengambil sampel swab antigen untuk pemeriksaan PCR. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Kasus positif aktif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur cenderung menurun selama sepekan terakhir.

Tren penurunan kasus aktif itu selaras dengan menurunkan jumlah pasien yang menjalani perawatan maupun isolasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, SKM, M.Ap., menyebut pada Rabu, 22 September 2021, pasien positif yang dirawat maupun yang menjalani isolasi tersisa 45 orang.

Hal tersebut tercatat menurun dibanding satu pekan sebelumnya yang mencapai 81 orang dengan kasus positif aktif.

Tinus menjelaskan, sebanyak 45 orang dengan positif Covid-19 itu terdiri dari 1 orang yang dirawat di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, 9 orang isolasi terpusat di Homestay Bapak Daud serta 37 orang isolasi mandiri di kediaman masing masing.

Baca juga: Sekda Domu Warandoy : Kabupaten Sumba Timur PPKM Level 2 

Pada Rabu, kata Tinus, terdapat penambahan 3 kasus baru berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 4 sampel TCM dan 202 rapid antigen.

Penambahan kasus baru itu terdapat di Kecamatan Kambera dengan 2 Kasus dan Kecamatan Kahaungu eti dengan 1 Kasus.

Sementara, 10 orang yang menjalani isolasi mandiri juga dinyatakan sembuh. Mereka terdiri dari 3 warga Kecamatan Kambera, 2 warga Kecamatan Kanatang dan 5 warga Tabundung.

Tinus Ndjurumbaha menjelaskan hingga Rabu, angka positif rate untuk Kabupaten Sumba Timur berkisar pada 17,07 persen atau mengalami penurunan dari hari sebelumnya 17,17 persen.

Sementara angka kesembuhan 96,93 persen atau naik dari 96,80 persen pada hari sebelumnya. Sedang angka fatality rate tetap pada angka 2,25 persen.

Baca juga: Polres Sumba Timur Operasi Patuh Ranakah 2021, Sasar Pelanggar Lalu lintas dan Pelanggar Prokes

Dari jumlah total kasus positif sejak pertama sebanyak 5.466 kasus, sebanyak 5.308 diantaranya dinyatakan Hingga Rabu, tersisa 1 kecamatan yang berstatus zona merah yakni Kecamatan Kambera dengan 15 kasus aktif.

Sementara Kecamatan Kota Waingapu dan Mahu kini berdada pada zona orange. 11 kecamatan lain kini zona kuning sementara 8 kecamatan zona hijau.

Pemerintah terus menghimbau seluruh masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumba Timur. (*)

Berita Sumba Timur Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved