Breaking News:

Berita Belu

Wabup Belu Pesan Masyarakat Gunakan Sertifikat Tanah Dengan Baik

Wakil Bupati Belu ( Wabup Belu) , Drs. Aloysius Haleserens, MM berpesan kepada masyarakat agar menggunakan sertifikat tanah

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM menyerahkan sertifikat kepada masyarakat di Kantor Bupati Belu, Rabu 20 September 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA -  Wakil Bupati Belu ( Wabup Belu) , Drs. Aloysius Haleserens, MM berpesan kepada masyarakat agar menggunakan sertifikat tanah untuk keperluan peningkatan ekonomi keluarga. 

Sertifikat tanah bisa dijadikan jaminan di bank untuk kredit uang dan uangnya mesti dikelolah untuk kegiatan usaha produktif. 

Wabup Alo Haleserens menyampaikan hal itu dalam arahannya saat acara penyerahan sertifikat tanah bagi masyarakat Desa Tohe, Kecamatan Kakuluk Mesak. Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada lima orang di Kantor Bupati Belu, Rabu 20 September 2021. Jumlah sertifikat yang akan diserahkan sebanyak 500 sertifikat. 

Kata Wabup Alo Haleserens, sertifikat tanah sangat penting sebagai bukti kepemilikan atas tanah. Dengan adanya sertifikat bisa mengurangi konflik tanah.

Baca juga: Atasi Stunting, Wakil Bupati Belu Minta Kurangi Teori Tapi Aksi

"Dengan adanya sertifikat ini, masyarakat memiliki kepastian hukum", kata Alo Haleserens. 

Untuk diketahui, penyerahan sertifikat ini merupakan hasil kegiatan redistribusi tanah objek reforma agraria tahun 2021 sebanyak 500 bidang dengan luas tanah 215,828. Jumlah kepala keluarga penerima sertifikat 245 orang. 

Tujuan Redistribusi Tanah adalah mengadakan pembagian tanah dengan memberikan dasar pemilikan tanah sekaligus memberi kepastian hukum hak atas tanah kepada subjek yang memenuhi persyaratan.

Diharapkan sertifikat tanah ini dapat memperbaiki serta meningkatkan keadaan sosial ekonomi subjek redistribusi tanah.

Baca juga: Wakil Bupati Belu Lakukan Grand Opening Kreatif Mart 2 Atambua

Usai penyerahan simbolis, Wakil Bupati Belu bersama Kepala Pertanahan Kabupaten Belu, Goncalo Antonio dan masyarakat mengikuti acara Penyerahan Sertipikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria Tahun 2021 secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. 

Masyarakat penerima sertifikat mengungkapkan rasa senang karena tanah mereka sudah bersertifikat melalui program pemerintah. Masyarakat akan menggunakan sertifikat itu dengan baik sebagaimana pesan yang disampaikan Wakil Bupati Belu. (*)
 

Baca Berita Belu Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved