Breaking News:

Berita Flores Timur

Asita NTT Beri Perhatian Khusus ke Kampung Adat Lewokluok yang Masuk Nominasi API Award 2021

Asita NTT Beri Perhatian Khusus ke Kampung Adat Lewokluok yang Masuk Nominasi API Award 2021

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Ketua ASITA NTT, Abed Frans (berkacamata) bersama tim API Award 2021 mengunjungi kampung adat Lewokluok 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA- Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Nusa Tenggara Timur ( ASITA NTT), Abed Frans optimis kampung adat Lewokluok di Kecamatan Demon Pagon, Kabupaten Flores Timur (Flotim) meraih juara dalam Ajang Pesona Indonesia (API) Award 2021.

"Dari semua destinasi yang masuk nominasi API 2021, yang paling siap menerima kunjungan wisatawan itu Lewokluok. Saya optimis, kampung adat Lewokluok masuk jadi juara," ujar Abed saat mendampingi tim API Award mengunjungi kampung adat Lewokluok, Minggu 12 September 2021.

Menurut dia, keunikan kampung adat Lewokluok sangat dirasakan dari kerukunan bermasyarakat maupun menjaga tradisi turun temurun.

"Lebih dari ekspektasi saya. Sangat luar biasa. Kita bisa belajar banyak dari masyarakatnya, baik itu mengenai kerukunan bermasyarakat maupun dalam menjaga tradisi turun temurunnya. Soal budayanya juga sangat keren sekali. Hampir setiap gang desa, punya sanggar masing-masing. Dan, tugas saya untuk menjuarai NTT pada setiap API. Tapi khusus Lewokluok saya akan memberi perhatian lebih," tandasnya.

Baca juga: ASITA NTT Harap Bandara Pantar Dukung Pariwisata Alor

Untuk diketahui, panitia Ajang Pesona Indonesia (API) Award 2021 melakukan penilaian lapangan langsung di Desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagon, Kabupaten Flores Timur, Minggu 12 September 2021.

Tim API berjumlah 14 orang dipimpin, Hiro Kristianto. Hadir juga Ketua Asita NTT, Abed Frans. Mereka disambut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flotim, Petrus Pemang Liku juga tarian adat Lewokluok.

"Saya kaget dan sangat kagum dengan suasana alam dan tradisi di desa Lewokluok. Saya membayangkan orangnya seram. Ternyata orangnya ramah membuat suasana jadi akrab," ungkap Hiro.

Menurut dia, melalui API award, saatnya pariwisata Flores Timur bangkit untuk mampu bersaing dengan daerah lain.

Baca juga: ASITA NTT Nilai Pasola Masih Tetap Eksis Meski Dilakukan Terbatas

"Tahun 2020, Flores Timur punya Meko dan masuk nominasi API Award juara dua. Semoga Tahun ini, tahun emasnya Flotim dengan memboyong puncak dari ajang kampung adat se-Indonesia di API Award Tahun 2021," katanya.

Ia mengajak seluruh masyrakat NTT, khususnya Flores Timur untuk memberi dukungan dengan cara sms ketik API (spasi) 11 j kirim ke 99386.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebubudayaan Flores Timur, Petrus Pemang Liku mengatakan, saat ini, dari penilaian sementara dukungan suara hingga akhir Agustus kemarin, kampung adat Lewokluok masuk dalam nominasi
enam besar kampung adat terpopuler.

Ia mengajak semua lapisan masyarakat NTT untuk ikut berpartisipasi mendukung desa adat Lewokluok.

"Kampung adat Lewokluok merupakan satu-satunya desa di Propinsi NTT yang terus berlomba untuk mendapatkan penghargaan tertinggi. Masyarakat Flores Timur tentu tidak mau kalah bersaing memperoleh tempat yang terpopuler. Karena memang kampung adat kita sangat unik, hanya karena belum dikenal luas," katanya. (*)

Baca Berita Flores Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved