Breaking News:

Jambu Air

Biji Jadi Kacang Mete, Buah Jambu Mete Bisa Cegah Kanker Jaga Kesehatan Jantung, Manfaat Lainnya

Manfaat buah jambu mede adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Biji dari jambu mede yaitu kacang mede adalah sumber lemak baik

Editor: Hermina Pello
dok/Nopadol Ouengbunchoo*NPD LEWZ* via Kontan.co.id
manfaat buah jambu mete 

POS-KUPANG.COM -  Tanaman jambu mete atau Anacardium occidentale biasanya tumbuh di daerah yang kering, 

Buahnya berwarna kuning hingga merah kecoklatan

Buah dengan nama latin Anacardium occidentale ini memiliki bentuk bulat lonjong berwarna kuning atau merah kecoklatan. Jambu mede tumbuh di pepohonan yang ketinggiannya dapat mencapai empat belas meter. Buah jambu mede banyak ditemukan di Brasil, India, Vietnam, Mozambik dan Tanzania.

Jika bijinya diolah jadi kacang mede, jambu mede sering dijadikan sebagai selai, smoothies, maupun jus di berbagai negara Afrika.

Baca juga: Deretan Manfaat Daun dan Buah Jambu Biji,Bisa Obati Ambeien Tanpa Operasi, Simak Cara Menggunakannya

Buah jambu mede juga kerap dipadukan bersama campuran buah lain, seperti mangga, kelapa, stroberi, dan bayam, untuk menghasilkan minuman sehat yang menyegarkan.

Terdapat sejumlah nutrisi dan mineral di dalam jambu mede yang bermanfaat untuk kesehatan. Jambu ini mengandung serat, fruktosa, glukosa, asam amino, vitamin C, serta mineral penting seperti magnesium, tembaga, kalsium, kalium dan zat besi yang diperlukan tubuh, dikutip dari Healthline.

Karena sejumlah kandungan inilah membuat jambu mede diyakini dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan, seperti berikut ini.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Teh Daun Jambu Biji, Mengandung Antioksidan Tinggi Lindungi Tubuh darI Kanker

1. Berperan sebagai antioksidan

Buah jambu mede memiliki kandungan antioksidan alami untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul berbahaya. Vitamin E dan Vitamin K dari jambu mede adalah sumber kandungan antioksidan tersebut.

Memakan buah jambu mede dapat membantu dalam mengatasi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Sumber radikal bebas ada di lingkungan sehari-hari seperti sinar UV, asap rokok, polusi udara, dll.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved