Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 13 September 2021: Iman Orang Asing

Renungan harian Katolik 13 September 2021 berjudul Iman Orang Asing diinspirasi oleh bacaan Injil Lukas hari ini tentang penyembuhan hamba perwira.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RD. Fransiskus Aliandu 

Renungan Harian Katolik Senin 13 September 2021: Iman Orang Asing (Lukas 7:1-10)

Oleh: RD. Fransiskus Aliandu

POS-KUPANG.COM - Perwira itu seorang asing. Dia bukan orang Yahudi. Dalam pandangan orang Yahudi, ia seorang kafir.

Namun ternyata ia demikian baik terhadap orang-orang Yahudi, sehingga mereka tidak memandangnya sebagai penjajah dan musuh. “ Ia mengasihi bangsa kita “, begitu kata orang tua-tua kepada Yesus. 

Ini kisah tentang seorang perwira yang memohon agar Yesus menyembuhkan hambanya yang menderita sakit keras dan hampir mati. 

Saat membaca kisahnya, kita seharusnya terpaku dan terpukau pada sosok sang perwira itu. Bayangin deh! Ia seorang perwira, pejabat, warga asing, kafir, tapi disenangin orang orang Yahudi.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu, 12 September 2021: Mengenal dan Mengimani Tuhan secara Pribadi

Ia pasti bergaul dengan semua orang, lintas batas, tak membeda-bedakan latar belakang. Ia tentu bermurah hati, suka menolong. Ia pun tentu tak sok kuasa. Kuasa dan jabatannya ia gunakan untuk mengabdi. 

Coba kalau semua pejabat kayak gini. Pun coba semua warga mau mengakui kebaikan pejabat atau orang asing, pendatang kayak gini dan tak terjebak dalam sentimen apa pun. 

Kondisi kehidupan sosial kita justru diwarnai praktek diskriminatif. Orang suka sekali mengafirkan sesamanya. Bahkan sesama beragama pun enteng saja diberi label kafir. Kuasa dan kedudukan justru dijadikan kendaraan untuk memperkaya diri dan menindas yang lain. 

Keterpukauan kita kiranya kian bertambah karena catatan berikut. Ternyata ia juga sangat bersimpati pada agama Yahudi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved