Breaking News:

Opini Pos Kupang

Sistem CAT dan Harapan Pejuang CASN

Berdasarkan Surat Edaran Badan Kepegawaian Negara, tanggal 23 Agustus 2021, tentang Penyampaian Jadwal SKD CPNS

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

Oleh : Wardy Kedy, Peneliti Bidang Psikologi Sosial

POS-KUPANG.COM- Berdasarkan Surat Edaran Badan Kepegawaian Negara, tanggal 23 Agustus 2021, tentang Penyampaian Jadwal SKD CPNS, Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru tahun 2021, dan Rekomendasi Ketua Satgas Covid-19, maka pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru tahun 2021 akan dimulai pada Kamis, 2 September 2021.

Tentu ini menjadi kabar menggembirakan bagi para pejuang CPNS dan PPPK Non Guru yang sudah melamar dan lolos seleksi administrasi. Betapa tidak, sampai saat ini, peminat CPNS dan CPPPK masih cukup tinggi.

Antusias para pelamar untuk bergabung menjadi unsur Aparatur Negara nampak dari jumlah pelamar yang membludak pada setiap formasi yang dibuka.

Walaupun berbagai bidang pekerjaan di era digital ini sangat bervariasi, namun bagi sekelompok masyarakat, profesi sebagai PNS masih dianggap cukup terhormat dengan gaji yang memadai, sehingga menarik minat masyarakat untuk menjadi PNS.

Baca juga: Gratis Rapid Antigen Bagi Peserta Seleksi CPNS dan PPK Flotim

Setiap pembukaan pendaftaran PNS dibuka, banyak orang berbondong-bondong melakukan pendaftaran. Hemat saya, inilah saat penting yang harus dipersiapkan oleh para peserta agar bisa bersaing secara kompetitif.

Melihat perubahan dan perkembangan sistem seleksi yang ada sekarang, bagi saya ini merupakan kemajuan yang sangat bagus dari kinerja BKN dan Kemenpan-RB yang patut diapresiasi.

Bahwasannya, dengan adanya perkembangan terknologi yang semakit pesat, menyebabkan ujian tes dalam berbagai bidang juga turut mengalami peningkatan dalam kualitas, kecepatan, kepraktisan, serta kemudahan.

Ujian konvensional pun bergeser ke arah komputerisasi, salah satunya dengan adanya ujian online dan Computer Assisted Test (CAT).

Dewasa ini ujian online dan Computer Assisted Test digunakan sebagai sarana evaluasi untuk mengukur pengetahuan dengan cara mengambil data peserta ujian yang memenuhi syarat dan menyimpan hasil ujian peserta dalam database pusat.

Baca juga: Materi dan Contoh Soal SKD CPNS 2021 Serta Kisi-Kisi Lengkap agar Lolos Seleksi CPNS

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved