Breaking News:

Berita Belu

Ayoo Vote! Tais Belu Masuk 6 Nominasi Teratas Sementara

panitia Anugerah Pesona Indonesia (API) Award periode vote sampai 31 Agustus 2021 mencatat enam nominasi teratas sementara kategori Cinderamata

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Produk tenun ikat pewarna alam yang dipampang di Galeri Tenun Atambua, saat diambil gambar, Selasa (26/3/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Berdasarkan flyer resmi yang diumumkan panitia Anugerah Pesona Indonesia (API) Award periode vote sampai dengan 31 Agustus 2021 tercatat enam nominasi teratas sementara untuk kategori Cinderamata.

Satu diantaranya adalah Tais Belu, dari Kabupaten Belu, Provinsi NTT. Bahkan Tais Belu berada di urutan ketiga. Posisi ini bersifat sementara dan bisa berubah tergantung jumlah vote yang diberikan pendukung.

Enam nominasi teratas sementara kategori cindera mata yakni,
1). Gambo Muba, Kabupaten Musi Banyuasin.
2). Udeng Pacul Goang, Kabupaten Sidoarjo,
3). Tais Belu, Kabupaten Belu
4). Kasab Sulam Emas, Kabupaten Aceh Singkil
5). Fakfak, Kabupaten Tomang,
6). Rajutan Tali Kur, Kabupaten Kolaka.

Baca juga: Pertahankan Motif Sikka dan Haki, Pemerintah Bina Tujuh Penenun di Sentral Tenun Ikat Kota Uneng

Koordinator Tim Promosi Wisata Kabupaten Belu, Deonato Moreira kepada Pos Kupang. Com, Kamis 2 September 2021 mengatakan, untuk kategori cinderamata yang masuk dalam nominasi API 2021 sebanyak 10. Periode vote sampai dengan 30 Juli 2021 hanya enam yang masuk, satu diantaranya Tais Belu dari Kabupaten Belu. Pada periode ini, Tais Belu berada di urutan 4.

Informasi terbaru yang diumumkan panitia API melalui flyer resmi, Tais Belu berubah posisi. Tais Belu berada di posisi ketiga dari enam nominasi teratas sementara. Posisi ini bersifat sementara dan bisa berubah tergantung jumlah vote yang masuk.

Menurut Anato, saat ini Tais Belu berada di urutan 3 dan mudah-mudahan terus mendapat dukungan dari masyarakat sampai akhir masa voting sehingga Tais Belu dari daerah perbatasan RI-RDTL ini masuk dalam nominasi tiga besar kategori cindera mata.

Menurut Anato, masa voting masih dibuka sampai dengan 31 September 2021. Ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Belu untuk memberikan dukungan untuk Tais Belu.

Baca juga: Gelar Kegiatan Pemilihan Putra-Putri dan Festival Tenun Ikat tahun 2021

Dukung dengan cara : Follow akun IG @ayojalanjalanindonesia Like sebanyak-banyaknya khusus TAIS BELU yah. Ketik SMS : API 6G kirim ke 99386. Masuk ke YouTube channel @apiaward
Like TAIS BELU.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, Fredrikus L. B Mau, ST mengatakan, untuk Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2021 hanya Tais Belu yang diusulkan masuk nominasi dalam kategori cenderamata terbaik.

Pemerintah dan masyarakat mengharapkan dengan ajang API Award ini, Tais Belu semakin dikenal oleh masyarakat luar dan mendapat perhatian lebih dari berbagai pihak dalam upaya pengembangan industri maupun pemasarannya.

"Harapan kita dengan ajang ini Tais Belu semakin dikenal oleh masyarakat luar dan mendapat perhatian lebih dari berbagai pihak dalam upaya pengembangan industri maupun pemasarannya", ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, Fredrikus L. B Mau.

"Nantinya Tais Belu dapat dikenal sebagai salah satu cinderamata khas Belu yang banyak diminati, serta memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi pengrajin Tais Belu secara khusus dan masyarakat Belu pada umumnya", sambungnya.

Fredrikus mengajak seluruh komponen masyarakat Belu dimana saja untuk ikut memberikan voting dukungan sebanyak-banyaknya untuk Tais Belu melalui SMS dan berbagai platform media sosial yang ada secara terus menerus sampai akhir masa voting. (*)

Baca Berita Belu Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved