Breaking News:

Berita TTS

KPU TTS Lakukan Verifikasi Vaktual di 144 Desa/Kelurahan di TTS

Data pemilih berkelanjutan ( DPB) bulan Agustus hasil pleno rekapitulasi menunjukkan penurunan dibandingkan dengan DPB bulan Juli

Penulis: Dion Kota | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Komisioner KPU Kabupaten TTS sedang menyampaikan hasil rekapitulasi DPB bulan Juli di kantor Sekertariat KPU Kabupaten TTS 

Laporan Reporter Pos-Kupang. Com, Dion Kota

POS-KUPANG.COM, SOE - Data pemilih berkelanjutan ( DPB) bulan Agustus hasil pleno rekapitulasi menunjukkan penurunan jika dibandingkan dengan DPB bulan Juli. Pada bulan Juli, jumlah DPB tercatat 320.239 pemilih turun menjadi 320.064 pada bulan Agustus.

Paulus Aoetpah, ketua divisi bidang data dan informasi mengatakan, penurunan DPB disebabkan karena jumlah pemilih Potensial lebih kecil dibandingkan dengan data pemilih tidak memenuhi syarat hasil verifikasi vaktual yang dilakukan KPU Kabupaten TTS.

Berdasarkan data yang diperboleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten TTS, terdapat sebanyak 1.047 pemilih potensial, yang terdiri pemilih pemula sebanyak 1.034 pemilih, pemilih pindahan sebanyak 8 pemilih dan pemilih potensial hasil tanggapan masyarakat sebanyak 5 pemilih.

Setelah dilakukan verifikasi vaktual, diketahui data pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 1.222 pemilih.

Baca juga: Serukan Perlindungan Anak, Bupati Tahun Kukuhkan Forum Anak Kabupaten TTS

Kategori tidak memenuhi syarat di antaranya karena pemilih telah meninggal, pindah domisili, masuk menjadi anggota TNI dan data ganda.

Selain itu, KPU Kabupaten TTS juga melakukan perbaikan data pemilih sebanyak 387 pemilih yang berasal dari pencermatan terhadap data invalid, NKK, NIK, nama, tanggal lahir dan data ganda berstatus qua.

"DPB kita untuk bulan Agustus mengalami penurunan jika kita bandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena jumlah pemilih potensial lebih kecil jika dibandingkan dengan pemilih yang tidak memenuhi syarat hasil verifikasi vaktual," ungkap Paulus dalam jumpa pers yang digelar di kantor Sekertariat KPU Kabupaten TTS, Selasa 31 Agustus 2021.

Ditambahkan Ketua KPU Kabupaten TTS, Matheus Antonius Krivo, selama bulan Agustus pihaknya melakukan verifikasi vaktual di 26 desa yang tersebar di Amanatun Selatan dan Kuanfatu.

Baca juga: Dinas Koperindag dan UKM Kabupaten TTS Pending Pelaksanaan Operasi Pasar Murah, Ini Alasannya

Pada bulan September mendatang lanjut Krivo, pihaknya menargetkan melakukan verifikasi vaktual di 50 desa.  

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved