Breaking News:

Salam Pos Kupang

Covid-19 Di Antara Vaksin 1, 2 & 3

HARI-hari ini kita masih diselimuti oleh rasa kekhawatiran yang tinggi akan bahaya Covid-19, virus yang mengancam keselamatan kita

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

POS-KUPANG.COM - HARI-hari ini kita masih diselimuti oleh rasa kekhawatiran yang tinggi akan bahaya Covid-19, virus yang mengancam keselamatan kita. Rasa tersebut demikian mempengaruhi kehidupan kita, sehingga setiap saat kita selalu bersikap waspada terhadap penyakit berbahaya ini.

Sikap itu telah kita perlihatkan dengan mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Dan, yang patut kita syukuri, adalah ketika lima aspek ini telah kita terapkan, pemerintah juga tak henti-hentinya memberi bantuan dengan melakukan pengadaan vaksin yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat.

Vaksin synovac, misalnya sudah disuntikan tahap satu dan dua kepada jutaan penduduk di negeri ini. Demikian pula vaksin AstraZeneca yang juga menyasar penduduk yang belum disuntik. Sementara saat ini, pemerintah melakukan lagi pengadaan vaksin Moderna, vaksin yang pada tahap ini dibeli untuk menjadi vaksin tahap ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes).

Baca juga: Bisa Ikut Vaksinasi Covid-19 Meski Tak Ada NIK, Bagaimana Caranya?

Para tenaga kesehatan itu akan disuntik lagi vaksin Moderna. Itu artinya, nakes disuntik tahap ketiga dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi Covid-19.

Paramedis dan tenaga medis memang menjadi prioritas vaksin ini. Pasalnya, mereka adalah pelayan yang berada pada garda paling depan dalam menghadapi virus Corona ini. Setidaknya kita tahu bersama, bahwa sampai saat ini, tak sedikit paramedis dan tenaga medis telah merenggang nyawa karena terpapar virus Corona.

Mereka terpapar virus yang kemungkinan ditularkan oleh pasien yang mereka rawat, atau setidaknya yang mungkin mereka temui saban hari.

Berangkat dari peran dan kerentanan mereka dari serangan virus tersebut, maka pemerintah memandang perlu untuk melindungi mereka dengan vaksin Moderna. Bila vaksin ini diberikan, maka itu merupakan vaksin tahap ketiga.

Baca juga: Pemerintah Kota Kupang Klaim September Capai Target Nasional Vaksinasi Covid-19

Dengan vaksin itu, diharapkan jangan ada lagi dokter dan perawat yang jadi korban virus tersebut.

Dari aspek medis, vaksin Moderna punya efikasi yang tinggi. Tingkat kemanjurannya lebih tinggi, sehingga dinilai mampu melindungi tenaga kesehatan dari bahaya Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved