Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 2 Agustus 2021: Kamu Harus Memberi

Berita ini menjadi heboh karena orang Indonesia bahkan orang Palembang sendiri tidak mengenal siapa itu Akidi Tio dan keluarganya.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD. Frid Tnopo 

Renungan Harian Katolik Senin 2 Agustus 2021: Kamu Harus Memberi (Matius 14:13-21)

Oleh: RD. Frid Tnopo

POS-KUPANG.COM - Baru-baru ini jagad Indonesia bahkan seluruh dunia dihebohkan dengan berita satu keluarga pengusaha etnis Tionghoa asal Palembang (SumSel) yang menyumbang uang untuk membantu penanganan kasus Covid-19 di Palembang dengan nilai yang amat sangat fantastis Rp 2 triliun.

Jumlah sumbangan ini melebihi sumbangan orang terkaya di dunia Jeff Bezos yang kekayaannya mencapai 143 miliar dollar AS atau Rp 2.000 triliun yang sudah terlebih dahulu menyumbangn untuk penanganan kasus Covid-19 di AS sebesar 125 juta dollar atau Rp 1,7 triliun.

Berita ini menjadi heboh karena orang Indonesia bahkan orang Palembang sendiri tidak mengenal siapa itu Akidi Tio dan keluarganya.

Menurut banyak kisah yang baru saja terkuak ke medsos, Akidi Tio dan anak-anaknya memang keluarga dermawan. Sudah banyak kali menyumbang, tetapi tidak pernah mau diekspos. Prinsipnya, tangan kanan memberi tangan kiri bodok membisu.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 1 Agustus 2021: Tuhan, Berikanlah Kami Senantiasa Roti Itu!

Setiap kali menyumbang entah ke panti asuhan, panti jompo, korban bencana, dan sebagainya, tidak pernah menyebutkan atas nama keluarga Akidi Tio, tetapi selalu atas nama Hamba Tuhan. Akidi Tio memang orang baik yang low profile.

Akidi Tio sudah meninggal pada tahun 2009 dan Istrinya sudah lebih dahulu meninggal tahun 2005. Anaknya berjumlah 7 orang, tetapi anaknya yang sulung bernama Ahok juga sudah berpulang ke hadirat Allah sekitar lima tahun lalu.

Kini tinggal 6 orang anak dari Akidi Tio yang tinggal terpencar di pulau Jawa, Sumatera dan hanya putri bungsunya yang menjaga rumah induk mereka di Palembang.

Meskipun orang tua mereka sudah meninggal dan anak-anak sudah tinggal terpencar, tetapi mereka masih tetap satu dalam nafas kedermawanan orang tua mereka. Ajaran dan ajakan yang terus-menerus Akidi Tio katakan kepada anak-anaknya adalah KAMU HARUS MEMBERI.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 1 Agustus 2021: Motif Perjuangan Hidup

Dan hari ini publik Indonesia akhirnya tahu bahwa atas nama keluarga Akidi Tio datang sumbangan untuk penanganan kasus Covid-19 di Palembang sebesar Rp 2 triliun.

Pointnya bukan pada jumlah yang besar itu, karena bisa jadi keluarga ini adalah keluarga kaya. Juga saya tidak bermaksud untuk menyepelekan begitu banyak orang yang telah menyumbang, baik uang, barang maupun tenaga dengan standar yang berbeda-beda.

Point yang ingin kita refleksikan adalah ajaran, ajakan dan teladan Akidi Tio kepada anak-anaknya itu: KAMU HARUS MEMBERI.

Ajaran Akidi Tio kepada anak-anaknya itu merupakan ungkapan ketaatan iman Akidi Tio kepada Tuhannya. Akidi Tio taat kepada apa yang diperintahkan Yesus kepada murid-murid-Nya: “Tidak perlu mereka pergi, KAMU HARUS MEMBERI mereka makan” (Mat: 14:16).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved