Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 19 Juli 2021: Jangan Memusnahkan

Rupanya tanda, identitas diri itu penting. Tak heran banyak yang sejak awal sudah buka kartu identitasnya agar semua orang tahu dan kagum padanya.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RD. Fransiskus Aliandu 

Renungan Harian Katolik Senin 19 Juli 2021: Jangan Memusnahkan (Matius 12:38-42)

Oleh: RD. Fransiskus Aliandu

POS-KUPANG.COM - Sahabat punya cerita. “Beberapa waktu lalu saya minta tolong sopir kami untuk jemput kenalan di Bandara. Saya tuliskan nama pada kertas putih untuk ditunjukkan saat kenalan keluar nanti. Tapi saya juga sempat sampaikan identitas kenalan itu: ‘laki, botak,  tapi brewokan’. 

Lain kisah, ia berkisah bahwa ia pernah dapat tugas di sebuah perusahaan. Saat awal bekerja, "Semua orang pada meremehkan saya", curhatnya.

Tapi suatu ketika, ada diskusi. "Saya terlibat aktif dan sampaikan pendapat saya dengan argumentasi berbobot. Semua terpana. Banyak orang mulai cari tahu identitas saya. Ada yang samperin saya dan berkata, "Pantesan ... ternyata kamu pernah belahar filsafat ya?"

Rupanya tanda, identitas diri itu penting. Tak heran banyak yang sejak awal sudah buka kartu identitasnya agar semua orang tahu dan kagum padanya.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 18 Juli 2021, Minggu Biasa XVI: Bertemu Tuhan dan Melayani Sesama

Ada juga yang lebih suka sembunyikan identitasnya. Tak mau pamer diri, nanti dibilang sombong, begitu alasannya. Namun ada juga yang samar-samar dan perlahan-lahan tunjukkan identitasnya.

Mungkin Yesus termasuk kategori yang tak langsung uber identitas diri-Nya sehingga beberapa ahli Taurat dan orang Farisi meminta tanda diri-Nya. Tak terlalu pasti.

Saya justru tertarik dengan tanggapan-Nya. Dia bilang, "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda, selain tanda nabi Yunus" (Mat 12:38).

Saya tergugah bertanya, "Apa sih tanda nabi Yunus itu? Apa hubungan tanda nabi Yunus itu dengan Yesus?"

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 18 Juli 2021: Pesan Kesunyian dan Kualitas Waktu

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved