Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Kamis 15 Juli 2021: Beban Hidup

Setiap orang punya bebannya masing-masing. Seperti memanggul sebuah karung beras yang sangat berat, yang membuat diri sungguh terbebani dalam hidup.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RD. Fransiskus Aliandu 

Renungan Harian Katolik Kamis 15 Juli 2021: Beban Hidup (Matius 11:28-30)

Oleh: RD. Fransiskus Aliandu

POS-KUPANG.COM - Hidup merupakan perjuangan dengan banyak onak dan duri. Terkadang, beban hidup begitu menghimpit yang membuat kita tertatih-tatih dalam melangkah di linimasa kehidupan. Memang mustahil rasanya seseorang memiliki hidup yang datar tanpa beban.

Setiap orang punya bebannya masing-masing. Seperti memanggul sebuah karung beras yang sangat berat, yang membuat diri sungguh terbebani dalam hidup.

Sebagian orang mungkin tak ingin terlihat seberapa besar beban dalam hidupnya. Mereka menyimpannya rapat-rapat. Mengeluh pun tak pernah.

Mereka tak mau orang lain tahu tentang beban yang ditanggungnya. Mereka pun tak ingin menerima bantuan dari siapa pun. Mereka ingin menanggungnya sendiri. Ada yang ingin terlihat kuat. Ada pula yang tak mau membebani orang lain.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 14 Juli 2021: Terang di Balik Kelabu

Sebagian yang lain secara terbuka mengungkapkannya kepada orang lain. Mereka sekedar ingin berbagi beban. Walau terkadang meski sudah berbagi, tetap saja beban terpikulkan. Tak bisa dibebaskan.

Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stress, Steven Covey (penulis buku laris asal AS) mengangkat segelas air dan bertanya pada para siswanya, “Seberapa berat menurut Anda segelas air ini?”

Para siswa menjawab mulai dari angka 200 gram sampai 500 gram.

“Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama Anda memegangnya,” kata Covey.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 14 Juli 2021: Syukur Indah

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved