Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 12 Juli 2021: Pedang

Di antara semua senjata yang pernah terlibat dalam kisah-kisah heroik dalam catatan sejarah, barangkali pedang yang paling sering digunakan.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RD. Fransiskus Aliandu 

Renungan Harian Katolik Senin 12 Juli 2021: Pedang (Matius 10:34-11:1)

Oleh: RD. Fransiskus Aliandu

POS-KUPANG.COM - Pedang adalah sejenis senjata tajam yang memiliki bilah panjang. Ia dapat memiliki dua sisi tajam atau hanya satu sisi tajam saja.

Dalam berbagai riwayat sejarah disebutkan berbagai senjata yang menjadi andalan para tokoh dan pahlawan untuk bertempur. 

Di antara semua senjata yang pernah terlibat dalam kisah-kisah heroik dalam catatan sejarah, barangkali pedang yang paling sering digunakan.

Baik Napoleon, Julius Caesar, maupun para pahlawan dalam sejarah Indonesia menggunakan belati dengan pilah panjang dan tajam ini untuk menghadapi musuh-musuh mereka.

"Jangan kamu menyangka bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi, Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang" (Mat 10:34). Itu kata Yesus kepada para murid-Nya.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 11 Juli 2021: Belajar dari Amos

Lho... apa-apaan nih ! Koq Yesus bilang Dia datang membawa pedang dan bukan pembawa damai sih?

Kalau begitu kenapa saat Dia dilahirkan dulu para malaikat justru berdendang ria di Bethlehem, "Kemuliaan bagi Allah ... dan damai sejahtera di bumi di antara di antara manusia ..." (Luk 2:14).

Kalau begitu Yesus berbohong dong sewaktu menampakkan diri kepada para murid-Nya sesudah kebangkitan, Dia justru menyapa mereka, "Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu" (Yoh 14:27).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved